Minggu, 20 Jumadil Akhir 1435 / 20 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Jimly Beri Solusi Penyelesaian Kasus Bank Century

Jumat, 27 Agustus 2010, 02:59 WIB
Komentar : 0
Yogi Ardhi/Republika
Jimly Asshiddiqie
Jimly Asshiddiqie

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Mantan ketua mahkamah konstitusi, Jimly Asshiddiqie, menawarkan pemecahan kasus skandal bailout Bank Century dengan melibatkan publik. ''Banyak utang kasus-kasus besar belum diselesaikan, jangan jadi catatan sejarah yang tak selesai. Kasus Bank Century tak murni masalah hukum secara teknis,'' cetusnya dalam tes wawancara dengan Pansel KPK, di Jakarta, Kamis (26/8).

Jimly mengusulkan keterlibatan publik untuk menuntaskannya. Dia pun akan membuat daftar dugaan orang yang bisa dijerat pidana dalam kasus ini. Begitu pula pengklasifikasian objek perkara, objek masalah, dan subyeknya. ''Subyeknya seperti mantan gubernur BI yang kini jadi wakil presiden,'' sebutnya.

Wakil Ketua Pansel, MH Ritonga, pun mengklarifikasi makalah Jimly yang menyebut-nyebut mantan Ketua KPK Antasari Azhari. Antasari, sebut Jimly, punya kelemahan karena bergaul dengan orang yang salah. ''Kalau saya tak terlalu ngoyo juga pada KPK. Tapi, saya merasa ada yang perlu disumbangkan, KPK harus diselamatkan. Ada cara kerja yang harus diperbaiki,'' papar Jimly.

Optimisme muncul dalam diri Jimly. Pasalnya, ia merasa lingkungannya mendukung. Kalau saya memimpin, wajah KPK akan berubah ''Karena saya bergaul dengan stakeholder,'' janjinya.

Reporter : Indah Wulandari
Redaktur : Budi Raharjo
Sesungguhnya Allah SWT mengampuni beberapa kesalahan umatku yang disebabkan karena keliru, karena lupa, dan karena dipaksa (HR Ibnu Majah, Baihaqi, dan lain-lain)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  nanamirdad Kamis, 26 Agustus 2010, 23:22
setiap orang bisa lemah pak...apalagi jk ada yg sengaja untuk melemahkan orang/ lembaga tsb. SY termasuk yg mendukung kuat pak ANTASARI utk masuk kembali ke kancah pemerintahan khususnya KPK karena sy yakin beliau msh py byk KEKUATAN dan kemampuan utk itu