Friday, 6 Safar 1436 / 28 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Wuih...Bali Segera Miliki Jalur Kereta Api

Tuesday, 28 December 2010, 06:01 WIB
Komentar : 0
Wahyu Putro/Antara
Kereta api
Kereta api

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tiga kementerian yakni Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan Kementerian Kebudayaan dan pariwisata, sepakat untuk membangun infrastruktur perkeretaapian di Bali untuk menunjang sektor pariwisata. Kesepakatan ini tertuang dalam nota kesepahaman antara Pemprov Bali, Kementerian Perhubungan, Kemenbudpar, dan PT Kereta Api Indonesia yang ditandatangani di Jakarta, Senin.

"Sekarang ini masih dalam tahap FS (feasibility study) karena wilayah ini dataran rendah jadi kan harus ada studinya dulu baru keluar angka-angka, baru bisa dmulai pembangunannya," kata Menbudpar, Jero Wacik.

Menurut dia, keberadaan transportasi alternatif berupa kereta api selain sebagai sarana penunjang pariwisata dari sisi transportasi, juga diharapkan dapat memberikan pemerataan pembangunan di seluruh Bali. "Kalau di Bali Selatan macet, tapi di Bali Utara pengangguran masih melimpah, maka itulah gagasan membuat bandara dan kerata api dalam rangka meratakan kesejahteraan pariwisata di Bali," kata Menteri Wacik.

Rencananya, akan pula dioperasikan kereta wisata yang akan menempuh rute sepanjang 565 km dan mengelilingi pulau Bali.
Gubernur Provinsi Bali, I Gde Mangku Pastike, mengatakan kereta wisata ini tidak hanya sebagai sarana transportasi massa namun juga diharapkan dapat menjadi alternatif paket wisata baru yang bisa dijual kepada wisatawan.

"Contohnya dari Denpasar ke Gilimanuk, pemandangan indah sekali, dan dengan naik kereta saja mungkin bisa one day tour, dan itu pasti laku," kata Gubernur.

Menurut dia, salah satu hal yang mungkin akan menjadi hambatan adalah masalah pembebasan lahan karena kereta ini akan menjadi transportasi yang saling berhubungan antarmoda transportasi yang ada di Bali.

"Untuk kereta pariwisata baru kita laksanakan di Bali, semoga nantinya ini bisa menjadi suatu yang membanggakan dan bisa ditiru oleh provinsi lain," kata Menteri Perhubungan, Freddy Numberi pada kesempatan yang sama. Ia menambahkan, pembangunan proyek kereta api di Bali direncanakan pada Januari 2011 dan targetnya 2014 sudah dapat beroperasi.

Redaktur : Siwi Tri Puji B
Sumber : Ant
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu(QS.Al-Baqarah:45)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Tahun 2015 MLS Bertabur Bintang
WASHINGTON DC -- Setelah David Beckham bermain di MLS selama tahun hingga 2012, Thierry Henry yang masih bermain hingga saat ini, tahun 2015...