Rabu, 13 Jumadil Awwal 1436 / 04 Maret 2015
find us on : 
  Login |  Register

Bank tak Perlu Khawatirkan Kenaikan Plafon KUR

Sabtu, 31 Juli 2010, 02:27 WIB
Komentar : 0
Tahta/Republika
UMKM penerima KUR, ilustrasi
UMKM penerima KUR, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kebijakan pemerintah menaikkan batas atas pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa jaminan dari lima juta rupiah menjadi 20 juta rupiah akan berimplikasi dinaikannya target penyaluran KUR oleh bank penyalur. Namun, Pemerintah menyatakan bahwa hal itu sudah dibicarakan dengan kalangan perbankan penyalur KUR.

Karena itu, pemerintah yakin perbankan tidak akan keberatan dengan perubahan itu. ''Justru ini hasil rapat kami dengan perbankan, dan di rakor dulu. Tidak mungkin saya mengangkat itu di rapat kabinet tanpa melalui rakor tim KUR dulu, dan seluruh perbankan hadir semua,'' kata Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, di kantor Wakil Presiden, di Jakarta, Jumat (30/7).

Naiknya batas atas pemberian KUR tanpa jaminan menjadi 20 juta rupiah, kata dia, maka secara otomatis target pencapaian penyaluran KUR oleh bank penyalur juga ditingkatkan. ''Dinaikkan, Bank BUMN harus merespon semua,'' ujar dia.

Selain itu, kata dia, pihak perbankan penyalur KUR pun tidak perlu khawatir dengan kemampuan nasabah KUR dalam pengembalian kredit. Pasalnya, pemerintah memberikan jaminan kredit termasuk pembinaan sehingga kemampuan dan kapasitas nasabah meningkat dan berdampak pada kemampuan nasabah mengembalikan kredit.

Reporter : Yasmina Hasni
Redaktur : Budi Raharjo
Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.(QS At Taubah ( 9:20))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Tak Hanya Berburu Buku, Ada Daya Tarik Lain di IBF 2015
JAKARTA --  Daya tarik dari pameran Islamic Book Fair 2015 tak hanya dari pameran bukunya. Acara yang ada didalamnya pun turut menjadi magnet....