Friday, 28 Ramadhan 1435 / 25 July 2014
find us on : 
  Login |  Register

Bayar Pajak Kini Bisa di Mal

Friday, 21 August 2009, 23:05 WIB
Komentar : 0
JAKARTA-- Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, hari ini, Jumat (21/8), meresmikan dua gerai pajak, yakni di Mal Senayan City dan Pondok Indah Mal 2 (PIM2). Secara simbolis peresmian bertempat di gerai pajak Mal Senayan City, Jakarta Selatan.

Guna menyerap lebih banyak wajib pajak (WP), Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan Bank DKI, aktif membuka gerai pajak. Beberapa gerai pajak yang telah dibuka berlokasi di Mal Arta Gading, Taman Palm, dan Pusat Grosir Cililtan.

"Inovasi dan terobosan ini, saya sambut dengan baik. Sinergi yang baik, selalu kita sambut dengan baik," ujar Foke dalam sambutan saat peresmian gerai pajak di Mal Senayan City.

Pembukaan gerai pajak di pusat layanan umum seperti halnya Mal, ternyata cukup efektif dalam menggenjot jumlah WP. Terbukti dengan makin meningkatnya jumlah pemasukan pajak. Sejak dilakukan tahap uji coba April 2009 lalu, pemasukan pajak di Mal Senayan City terus meingkat. Tercatat, pada bulan April 2009 pemasukan pajak sebanyak Rp 4,2 miliar, Mei berjumlah Rp 4.4 miliar, Juni mencapai Rp 8,8 miliar dan Rp 9,8 miliar pada bulan Juli.

"Untuk bulan Agustus, kita prediksi menembus angka Rp 11 miliar," kata Kepala Dinas Pelayanan Pajak, Reynalda Madjid seusai peresmian gerai pajak di Mal Senayan City.

Lebih lanjut ia mengatakan, hingga hari ini realisasi pemasukan pajak di DKI Jakarta, hanya mencapai 61 persen atau kurang lebih Rp 5 triliun jika dirupiahkan. "Seharusnya sampai hari ini mencapai 67 persen dari total target sebanyak Rp 8,6 triliun," tambahnya.

Dibukanya dua gerai pajak baru di Mal Senayan City dan PIM2, menurut Reynalda, dikarenakan dua lokasi tersebut merupakan daerah konsentrasi wajib pajak terbesar. "Disekitar sini wajib pajak jumlahnya padat, terutama di Jakarta Selatan," tegasnya.

Mengenai jam operasional gerai pajak yang tersebar di beberapa titik tersebut, dibuka selama hari kerja dan Sabtu. WP dapat mengunjungi gerai pada pukul 09.00 - 19.00 WIB untuk hari Senin sampai Jumat. Sedangkan, hari Sabtu, gerai pajak dibuka pada pukul 09.00 - 17.00 WIB.

Peningakatan pemasukan pajak, sambung Reynalda, diutamakan dari pajak hotel, restoran, atau tempat hiburan lainnya. Diharapkan pemasukan pajak dapat menyentuh angka 40 persen. "Selama ini kan kontribusi pajak terbesar didapat dari pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan," tuturnya.

Dari lima wilayah di DKI Jakarta, wilayah Jakarta Selatan merupakan kontributor terbesar dalam hal pemasukan pajak. "Kalau rata-rata per wilayah mencapai 20 persen, maka pemasukan pajak Jaksel diatas angka itu," Reynalda menandaskan. (c08/rin)
Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api(HR. Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar