Selasa 04 Jan 2011 22:39 WIB

Wow.. Inggris Negara Pemimpin Perkembangan Pasar Ekonomi Syariah

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Didi Purwadi
Syariah
Syariah

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Inggris tidak hanya dikenal dengan kompetisi Liga Primer-nya yang mendunia. Negeri David Beckham itu ternyata juga merupakan salah satu negara pemimpin dalam perkembangan pasar ekonomi syariah.

Seperti dikutip Guardian, sejumlah kebijakan yang melenggangkan pajak dan ketentuan yang terkait dengan aturan Islam merupakan aturan biasa di London. Bahkan 2010 lalu, sebuah perusahaan berbasis teknologi inovatif di negara tersebut menjadi perusahaan pertama di Inggris yang tumbuh dengan aturan ekonomi dalam Islam yakni melalui sukuk.

Inggris juga yang pertama membuka bursa saham syariah. Langkah mereka diikuti Bursa Saham Bombay yang kini telah membuka indeks perusahaan baru yang sesuai dengan hukum legal dalam Islam. Hal ini terkait banyaknya komunitas Muslim di negara tersebut yang mencoba peruntungan di bursa saham. Jumlahnya mencapai 140 juta jiwa.

Meski begitu, jumlah bank syariah dan produk ekonomi retail lainnya belum bernasib mujur di Inggris. Bahkan, sejumlah pendiri bank syariah menggambarkan pasar sebagi sebuah kegagalan besar.

sumber : guardian
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement