Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Bea Cukai Tutup Operasi Jaring Wallacea 2019

Senin 11 Nov 2019 18:36 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Operasi Patroli Laut Jaring Wallacea.

Operasi Patroli Laut Jaring Wallacea.

Foto: bea cukai
Bea Cukai merencanakan operasi patroli 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, PANTOLOAN -- Bea Cukai menutup Operasi Jaring Wallacea 2019.

Operasi Jaring Wallacea adalah Operasi patroli laut yang dilaksanakan untuk meningkatkan pengawasan perairan wilayah tengah dan timur Indonesia dari pelaku pelanggaran ketentuan Undang-Undang.

Baca Juga

Operasi ini melibatkan 11 satuan kerja, 10 unit armada kapal patroli Bea Cukai. Lebih dari 120 personel Bea Cukai turut andil dalam operasi tersebut. Kepala PSO Bea Cukai Pantoloan, Agustyan Umardani, mengungkapkan upaya tersebut merupakan langkah nyata Bea Cukai dalam menjaga dan meningkatkan pengawasan untuk keamanan perairan Indonesia dari penyelundupan, serta mengamankan penerimaan negara.

“Selain itu, dengan dilaksanakannya operasi ini, tentunya memiliki dampak terhadap optimalisasi penerimaan negara untuk APBN yang pada akhirnya juga digunakan untuk kepentingan masyarakat luas,” ujarnya saat rapat evaluasi Operasi Jaring Wallacea 2019

Evaluasi dilaksanakan demi mengkaji hambatan saat pelaksanaan patroli laut, keefektifan pola pengawasan, dan juga efisiensi penggunaan anggaran untuk membiayai kegiatan patroli laut tersebut. Adapun rencana patroli laut Indonesia bagian timur 2020 dipaparkan oleh masing-masing pimpinan PSO Bea Cukai yang turut hadir dalam rapat tersebut.

Selain secara kontinyu melaksanakan Operasi Patroli Laut Jaring Wallacea, Bea Cukai juga bekerja sama dengan instansi lain guna meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap potensi peredaran barang larangan dan pembatasan melalui perairan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler