Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Tuesday, 14 Syawwal 1445 / 23 April 2024

Bea Cukai Ternate Dukung PT Tekindo Energi Ekspor Perdana

Rabu 17 Jul 2019 10:01 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Acara seremonial ekspor perdana ore nikel PT Tekindo Energi di Desa Lelilef, Weda Tengah, Maluku Utara,  pekan lalu (13/7).

Acara seremonial ekspor perdana ore nikel PT Tekindo Energi di Desa Lelilef, Weda Tengah, Maluku Utara, pekan lalu (13/7).

Foto: Bea cukai
Ada 6 perusahaan yang beroperasi dengan komoditi ekspor berupa Nickel Ore.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE  --  Bea Cukai Ternate menggandeng perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan nikel, PT Tekindo Energi, untuk melakukan ekspor perdana nikel. Acara seremonial ekspor perdana ore nikel PT Tekindo Energi di Desa Lelilef, Weda Tengah, Maluku Utara, dilakukan pekan lalu (13/7).

Kepala Kantor Bea Cukai Ternate Musafak menyebutkan pentingnya sektor pertambangan di Maluku Utara. Dia mengatakan Maluku Utara menyimpan potensi ekonomi yang sangat kuat.

Baca Juga

Letak wilayah strategis berpeluang meraih beragam keuntungan ekonomi mulai dari sektor perkebunan, perikanan, hingga pertambangan. Menurutnya, pertambangan Maluku Utara memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi daerah. 

"Saat ini terdapat enam perusahaan pertambangan yang beroperasi dengan komoditi ekspor berupa Nickel Ore dan produk hasil pengolahan berupa Ferro Nickel (FeNi) dan Nickel Pig Iron (NPI). Untuk itulah, kami mendorong dan memfasilitasi PT Tekindo Energi untuk dapat melakukan ekspor perdana nikel,” ujarnya.

Saat ini, diketahui PT Tekindo Energi membangun smelter biji nikel tahap satu di Desa Lelilef, Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara. “Kita berharap, ekspor perdana dari PT Tekindo Energi dapat berdampak besar bagi seluruh masyarakat yang berada di lingkar tambang serta mampu mendorong peningkatan ekonomi dan devisa ekspor Provinsi Maluku Utara,” ucap Musafak.

Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba, dalam kesempatan itu menilai ekspor perdana ini menunjukkan ekonomi di Halmahera Tengah berjalan baik  “Ini menunjukkan bahwa ekonomi kita berjalan dengan baik, ekonomi terus bergerak sehingga pertumbuhan semakin membaik," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler