Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster

Selasa 25 Jun 2019 12:10 WIB

Red: Gita Amanda

Bea Cukai Juanda gagalkan penyelundupan ratusan ribu benih lobster.

Bea Cukai Juanda gagalkan penyelundupan ratusan ribu benih lobster.

Foto: Bea Cukai
Benih lobster berjumlah 113.300 ekor rencananya akan diselundupkan ke Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Petugas Bea Cukai Juanda gagalkan penyelundupan ratusan benih lobster pada Senin (24/6) di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo. Benih lobster berjumlah 113.300 ekor tersebut rencananya akan diselundupkan ke Singapura.

Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Budi Harjanto, mengungkapkan kronologi penindakan tersebut. Petugas Bea Cukai Juanda mencurigai dua orang penumpang berinisial RI dan DI yang akan bertolak ke Singapura.

Baca Juga

“Menindaklanjuti kecurigaan tersebut, petugas memeriksa bagasi penumpang ditemukan empat koper atas nama inisial RI dan DI. Petugas mendapati koper  tersebut sudah berada di lambung pesawat, kemudian koper tersebut diamankan oleh petugas untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Budi seperti dalam siaran persnya.

Satgas Bea Cukai Juanda, petugas Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Surabaya I dan satgas Lanudal melakukan pembukaan koper tersebut dan ditemukan Baby Lobster berupa benih lobster jenis Lobster Mutiara (Panulirus versicolor) sebanyak 6.905 ekor dan Benih Lobster jenis Lobster Pasir (Panulirus homarus) sebanyak 106.395 ekor dengan total keseluruhannya yaitu 113.300 ekor dan perkiraan nilai Rp 17,3 miliar.

Atas kejadian eksportasi illegal baby lobster tersebut dilakukan penindakan, penelitian dan penyelidikan lebih lanjut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler