Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Bea Cukai Ngurah Rai Tangkap Dua Penyelundup Narkotika

Kamis 20 Jun 2019 17:31 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Jajaran  Bea Cukai Ngurah Rai berhasil gagalkan dua upaya penyelundupan narkotika .

Jajaran Bea Cukai Ngurah Rai berhasil gagalkan dua upaya penyelundupan narkotika .

Foto: bea cukai
Narkoba diselundupkan melalui paket.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Bea Cukai Ngurah Rai berhasil menggagalkan dua upaya penyelundupan narkotika yang dilakukan oleh seorang pria Indonesia dan Amerika Serikat ke wilayah Bali. Pencegahan ini dilakukan dalam kurun waktu yang berbeda di semester awal tahun 2019 dengan metode penyelundupan barang bukti yang berbeda pula.

Dari hasil penindakan tersebut, diketahui bahwa 224,16 gram barang terlarang dengan total nilai edar Rp 276.439.000 berhasil diamankan oleh petugas Bea dan Cukai.

Baca Juga

Penindakan pertama dilakukan pada bulan April 2019 terhadap seorang pria WNI asal Badung.  Dia mengirim paket menggunakan jasa Perusahaan Jasa Titipan yang dalam proses penindakannya melibatkan istrinya.

Penindakan kedua dilakukan pada Juni 2019 terhadap WNA asal New Jersey yang ditegah saat memasuki area pemeriksaan Bea dan Cukai di Terminal Kedatangan Internasional, Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. 

Kepala Bidang Penindakan dan Penyelidikan Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, NTB, dan NTT Husni Syaiful mengatakan  penindakan pertama yang dilakukan pada 16 April 2019.   dan CukPetugas Beaai  melakukan pemeriksaan terhadap barang kiriman asal Malaysia.

Petugas mencurigai hasil pencitraan X-Ray dari isi paket dengan pengirim berinisial AW (36) tujuan Banjar Abian Timbul, Denpasar, Bali, Indonesia. Atas kecurigaan terhadap hasil pencitraan X-Ray, petugas melakukan pemeriksaan fisik lebih mendalam. 

"Isi paket tersebut didapati 1 buah plastik klip berisi 99 butir tablet berwarna biru dengan berat brutto 27, 58 gram, 1 buah plastik klip berisi 96 butir tablet berwarna kuning dengan berat brutto 28, 64 gram dan 3 buah plastik berisi barang berupa kristal dengan berat total brutto 167,66 gram," kata Husni. 

Atas temuan tersebut, pemeriksaan lebih mendalam dilanjutkan dengan uji laboratorium di Laboratorium Bea dan Cukai Ngurah Rai. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa barang kiriman tersebut positif mengandung barang sediaan Narkotika berupa MDMA dan Methamphetamine.

Petugas Bea Cukai yang melakukan control delivery terhadap paket yang dicurigai tersebut berkoordinasi dengan Polda Bali dan pihak ekspedisi yakni DHL yang dalam hal ini jasa pengirimannya digunakan oleh AW. Petugas mengkonfirmasi teknis pengiriman ke lokasi tujuan dengan yang bersangkutan. 

AW yang telah dihubungi berpesan agar paket dikirimkan ke alamat yang tercantum pada paket yang merupakan toko kelontong yang dikelola oleh istrinya sendiri, YY. Hasil dari koordinasi Pihak Polda Bali yang kemudian melakukan mapping mendatangi ke lokasi pengiriman dengan alih-alih mengantarkan paket yang langsung diterima oleh YY sendiri pada pukul 14.35 WITA.

YY menjelaskan suaminya AW berprofesi sebagai tukang kebun di salah satu penginapan di Bali dan baru dapat ditemui seusai bekerja pada pukul 19.00 WITA. Atas keterangan yang diberikan oleh YY tersebut, petugas Kepolisian kemudian mengamankan telpon genggam yang bersangkutan dan melakukan penulusuran keberadaan AW ke hotel tempatnya bekerja.

Dari hasil penulusuran petugas, diketahui bahwa yang bersangkutan telah meninggalkan lokasi kerjanya sejak 15.15 WITA dan nomor AW tidak lagi aktif saat dihubungi oleh istrinya. YY beserta barang bukti dibawa ke Kantor Bea Cukai Ngurah Rai untuk membantu proses penyelidikan lebih lanjut terhadap keberadaan suaminya. Atas hasil koordinasi antara petugas Bea Cukai Ngurah Rai dengan Polda Bali.

"AW akhirnya ditangkap oleh Tim Ditresnarkoba Polda Bali pada tanggal 30 Mei 2019,” kata Husni.

Penindakan kedua yang dilakukan pada 12 Juni 2019 dilakukan terhadap seorang pria berkewarganegaraan Amerika Serikat asal New Jersey berinisial (JAP) yang tiba di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai pukul 17.00 WITA. JAP (24) dicurigai petugas saat melewati area pemeriksaan Bea dan Cukai di Terminal Kedatangan Internasional yang datang dengan menggunakan maskapai penerbangan Cathay Pacific CX 785 rute Hongkong – Denpasar.

Pria yang diketahui berprofesi sebagai pegawai bank tersebut diperiksa lebih lanjut barang bawaanya atas dasar hasil pencitraan X-Ray yang mencurigakan. Dari pemeriksaan tersebut, yang bersangkutan kedapatan membawa 4 linting berisi potongan daun berwarna hijau dengan total berat 4,07 gram brutto atau 1,36 gram netto yang diduga sebagai sediaan narkotika jenis Ganja yang disimpan didalam tas punggung.

 “Saat ini tersangka beserta barang bukti telah diserahterimakan ke Ditresnarkoba Polda Bali.”

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler