Jumat , 27 October 2017, 16:12 WIB

Ribuan Orang Serbu BeTa Job Fair

Red: Dwi Murdaningsih
bea cukai
Bea Cukai Job Fair di Tangerang.
Bea Cukai Job Fair di Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Ribuan pencari kerja menyerbu Bea Cukai Tangerang Job Fair 2017. alam rangka memperingati Hari Oeang dan Hari Bea Cukai ke-71, Bea Cukai Tangerang, bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten, menggelar Bea Cukai Tangerang (BeTa) Job Fair 2017 di halaman kantor Bea Cukai Tangerang.

Bursa kerja yang diselenggarakan dari tanggal 23 hingga 24 Oktober 2017 ini diserbu ribuan pencari kerja, mereka antusias menyampaikan lamarannya ke perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi, seperti PT Panarub Dwikarya, PT Victory Chingluh Indonesia, PT Pratama Abadi Industri, PT Chinli Plastic Industrial, PT Pacific Abadi Garmindo, PT Geum Cheon Indo, dan lainnya.

Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Aris Sudarminto menjelaskan pelaksanaan Beta Job Fair 2017 sejalan dengan misi fasilitasi industri dan perdagangan. “Acara ini adalah bursa kerja pertama yang diselenggarakan oleh Bea Cukai Tangerang, bahkan pertama kali dalam sejarah Bea Cukai di Indonesia. Hal ini merupakan perwujudan dari misi pertama Bea Cukai, yaitu memfasilitasi industri dan perdagangan, dimana tersedianya lapangan kerja adalah dampak nyata dari fasilitasi tersebut,” ujar Aris.

Dia mengatakan, kehadiran Bea Cukai Tangerang dalam mengawasi dan melayani perusahaan penerima fasilitas Tempat Penimbunan Berikat (TPB) diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri. Selain itu, manfaat yang secara langsung dapat dirasakan oleh masyarakat, yaitu berupa tersedianya lapangan kerja. Dengan kata lain, adanya Bea Cukai dengan berbagai fasilitas dan kemudahan yang dimilikinya menjadi perantara bagi tersedianya lapangan kerja. Penyerapan tenaga kerja menjadi salah satu motor penggerak ekonomi riil yang menjadi mesin pertumbuhan ekonomi.

Ada dua manfaat yang bisa diraih Bea Cukai, khususnya Bea Cukai Tangerang dari acara ini. Pertama, masyarakat jadi tahu lebih dalam fungsi Bea Cukai secara nyata bagi mereka. Ternyata, Bea Cukai juga menjadi gerbang terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.

"Hal ini juga penting dari sisi strategi komunikasi, karena kita tidak perlu susah payah menerangkan apa tugas dan fungsi Bea Cukai. Ini adalah hajat hidup orang banyak sehingga orang akan lebih mudah memahami fungsi Bea Cukai. Manfaat kedua, kita merasa senang dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan. Kebahagiaan ini tidak dapat dinilai dengan apa pun,” kata dia.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengembangan Pasar Kerja, Elah mengapresiasi pelaksanaan acara ini. “Kami sangat mendukung dan mengapresiasi sepenuhnya inovasi Bea Cukai Tangerang yang menyelenggarakan BeTa Job Fair 2017. Semoga hal ini turut membantu mengurangi tingkat pengangguran di Provinsi Banten yang saat ini menempati urutan keempat terbesar di antara 34 provinsi di seluruh Indonesia,” ujar Elah.