Senin , 02 Oktober 2017, 19:17 WIB

Bea Cukai Kudus Gerebek Rumah Produsen Rokok Ilegal

Red: Dwi Murdaningsih
dok. Bea cukai
Rumah di Kudus yang digerebek petugas Bea Cukai karena memproduksi rokok ilegal.
Rumah di Kudus yang digerebek petugas Bea Cukai karena memproduksi rokok ilegal.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Bea Cukai Kudus berhasil menggerebek bangunan yang digunakan sebagai tempat untuk menimbun rokok ilegal di lima lokasi sekaligus di wilayah Kabupaten Jepara. Ratusan ribu batang rokok ilegal siap edar dan puluhan ribu keping pita cukai diduga palsu disita oleh aparat Bea Cukai Kudus.

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus Suryana mengatakan bahwa hasil tangkapan ini merupakan buah dari pengamatan yang dilakukan oleh Tim Intelijen dan Penindakan Bea Cukai Kudus selama beberapa hari. Tim kemudian melakukan operasi penggerebekan pada hari Rabu (27/9) di dua bangunan yang beralamat di Desa Bandungrejo dan Desa Purwogondo, Kabupaten Jepara. 

"Di dua tempat ini petugas mendapatkan barang bukti Rokok SKM sebanyak 364.060 batang dan pita cukai diduga palsu sebanyak 512 keping, dengan total potensi kerugian negara sebesar Rp 135.001.580,” kata Suryana.

 

Di hari berikutnya Kamis (28/9) petugas juga kembali melakukan penggerebekan di tiga bangunan yang beralamat di Desa Robayan, Kabupaten Jepara. Di tiga tempat ini petugas mendapatkan barang bukti rokok sebanyak 458.230 batang dan pita cukai diduga palsu sebanyak 17.251 keping, dengan total potensi kerugian negara sebesar Rp 301.557.150.