Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Bea Cukai Dumai Sita Ribuan Ekor Burung

Ahad 24 Sep 2017 21:00 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Salah satu jenis burung beo langka (ilustrasi)

Salah satu jenis burung beo langka (ilustrasi)

Foto: Dawn.com

REPUBLIKA.CO.ID, DUMAI -- Petugas Kantor Bea Cukai Dumai menyita ribuan ekor burung disimpan dalam kotak yang diangkut satu mobil pikap saat melintas di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Jumat (22/9). Ribuan burung diduga jenis kacer dan jalak merupakan satwa unggas dilindungi ini akan dibawa ke Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, dan masuk melalui perairan dan dijemput dari Kelurahan Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan.

Humas Penyuluhan Bea Cukai Dumai Khairil Anwar membenarkan kegiatan penyitaan ribuan burung dan diperkirakan berjumlah ribuan ekor, dan penanganan selanjutnya akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam. "Kini masih diselidiki dan kita akan serahkan ke pihak BKSDA," kata Khairil.

Petugas juga mengamankan dua orang merupakan supir dan kenek, dan dari pengakuan mereka tidak menyangka akan bermasalah, karena berlaku sebagai jasa ekspedisi atau pengangkutan. "Kami hanya membawa dengan jasa ekspedisi, setiap trip kami diupah sebesar Rp 4 juta," kata seorang sopir itu.

Pantauan dilapangan, terlihat ratusan ekor burung ini mati mengenaskan, dengan kondisi kandang berbentuk kotak tiga tingkat, dan diduga kuat menjadi faktor utama kematian hewan unggas tersebut.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler