Selasa , 19 September 2017, 17:52 WIB

Temukan Rokok Ilegal, Bea Cukai Lakukan Penindakan

Red: Gita Amanda
Humas Bea Cukai
Bea Cukai Tembilahan lakukan operasi pasar dengan menyisir toko-toko. Mereka menyita ribuan bungkus rokok ilegal.
Bea Cukai Tembilahan lakukan operasi pasar dengan menyisir toko-toko. Mereka menyita ribuan bungkus rokok ilegal.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMBILAHAN -- Guna memberantas peredaran rokok ilegal, Bea Cukai Tembilahan melakukan operasi pasar dengan menyisir toko-toko di kawasan Tembilahan dan Rengat, Indragiri Hulu pada 13 dan 15 September 2017. Operasi pasar yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, berhasil menemukan dan menyita 5.557 bungkus (103.884 batang) rokok ilegal berbagai merek serta 289 bungkus (7.225 gram) tembakau iris dengan pelanggaran berupa yaitu pita cukai palsu, pita cukai salah peruntukan, serta rokok dari kawasan bebas Batam.

Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan, Sulaiman mengungkapkan para pemilik toko mengaku tidak tahu jika rokok yang mereka jual adalah ilegal. “Mereka tetap menjualnya karena adanya permintaan pasar. Beberapa toko juga mengaku mereka hanya mendapat titipan oleh pengedar yang tidak mereka kenal,” ujarnya melalui siaran pers.

Terhadap rokok ilegal tersebut, petugas Bea Cukai Tembilahan melakukan penyitaan untuk nantinya dapat diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. "Rokok ilegal yang kami sita dipasangkan segel, kemudian dibawa oleh tim ke Kantor Bea Cukai Tembilahan untuk disimpan di dalam gudang penimbunan barang tegahan sembari menunggu proses hukum yang berlaku. Sementara untuk para pemilik Toko, kami panggil untuk dilakukan proses BAW (Brita Acara Wawancara),” ujar Sulaiman.

Dalam operasi pasar ini, petugas Bea Cukai Tembilahan juga memberikan edukasi kepada para memilik toko terkait Barang Kena Cukai Ilegal. Mereka juga menempelan stiker BKC Ilegal pada toko-toko yang didatangi.

“Untuk itu petugas melakukan penertiban dan memberikan sosialisasi pada masyarakat tentang larangan rokok ilegal. Diharapkan, dengan adanya operasi pasar yang rutin kami lakukan, dapat memberikan edukasi kepada masyarakat serta dapat mengurangi peredaran rokok ilegal di daerah pengawasan kantor Bea Cukai Tembilahan, Indragirihilir,” kata Sulaiman.