Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Bea Cukai Gandeng Eximbank Optimalkan Fasilitas Ekspor

Kamis 03 Aug 2017 16:24 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Business Gathering Bea Cukai yang mengundang para pengusaha berorientasi ekspor, di Ritz Carlton, Kamis (3/8).

Business Gathering Bea Cukai yang mengundang para pengusaha berorientasi ekspor, di Ritz Carlton, Kamis (3/8).

Foto: bea cukai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bea Cukai menggandeng Indonesia Eximbank untuk mengoptimalkan fasilitas ekpor. Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi menyatakan kerja sama yang dijalin Bea Cukai dengan Indonesia Eximbank berupa penjaminan atas fasilitas Bea Cukai.

"Kami akan berupaya untuk memberikan kemudahan, kepastian, dan penjaminan yang murah pada perusahaan yang tergabung dalam kelompok fasilitas KITE," kata dia, dalam acara Business Gathering yang mengundang para pengusaha berorientasi ekspor, di Ritz Carlton, Kamis (3/8).

Heru menambahkan bahwa dengan penjaminan yang murah dan mudah akan meningkatkan kinerja cash flow perusahaan tersebur dan menekan ongkos produksi. "Hasilnya, harga pokok produksi akan dapat turun juga yang akan membuat harga dan kualitas dapat bersaing di pasar internasional," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Direktur Indonesia Eximbank, Susiwijono Moegiarso menjelaskan aktivitas ekspor di Indonesia mengalami pertumbuhan di tahun 2017 ini. Hal itu membuatnya optimis terhadap pertumbuhan ekspor Indonesia ke depannya.

"Pertumbuhan ekspor di Indonesia terjadi tidak hanya dari segi volumenya, tapi juga nilai ekspor. Maka dari itu kami yakin untuk memberikan pembiayaan penjaminan yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya," kata di.

Indonesia Eximbank telah menggelontorkan dana sebesar Rp 88,5 triliun pada tahun 2016, berencana untuk menetapkan target yang lebih tinggi di tahun 2017, yaitu sebesar Rp 105 triliun. Susiwijono menginginkan agar ekspor Indonesia dapat terus ditingkatkan karena saat ini ekspor dianggap sebagai salah satu pilar utama dalam pembangunan ekonomi nasional.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler