Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Bank Mandiri Sediakan Mini ATM dan EDC untuk Pelayanan Bea Cukai

Ahad 28 May 2017 17:13 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Bea Cukai melakukan kerja sama dengan bank Mandiri untuk penyediaan mini ATM dan mesin EDC.

Bea Cukai melakukan kerja sama dengan bank Mandiri untuk penyediaan mini ATM dan mesin EDC.

Foto: bea cukai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bea Cukai melakukan penandatanganan kerja sama pemanfaatan layanan mini ATM dengan Bank Mandiri. Bank Mandiri akan menyediakan mini ATM sebagai sarana pembayaran dan penyetoran penerimaan negara. Penerimaan negara akan masuk ke kas negara secara real time tanpa melalui rekening penampung bendahara penerimaan, sehingga mengurangi risiko pada bendahara dalam melaporkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepada Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan.

Hal ini akan meningkatkan kredibilitas dan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) karena setoran penerimaan negara langsung masuk ke kas negara. Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi mengatakan kerja sama ini dilakukan lantaran masih ditemui beberapa tantangan di lapangan dalam meningkatkan pelayanan pembayaran dan penyetoran penerimaan negara.

"Jauhnya lokasi bank mengakibatkan kegiatan pembayaran dan penyetoran penerimaan negara menjadi tidak real time, selain itu penerimaan negara akan ditampung di rekening bendahara penerimaan apabila lokasi pembayaran jauh. Hal ini berpotensi mengakibatkan moral hazard, jika pengelolaannya tidak sesuai dengan undang-undang,” kata Heru, melalui siaran pers.

Nantinya, pengguna jasa juga dapat melakukan pembayaran di tempat-tempat di remote area, bandara internasional dan pelintas batas. Jika sebelumnya para pengguna jasa tidak bisa melakukan pembayaran di tempat dengan alasan lokasi yang jauh dari bank, dengan adanya mini ATM dari PT. Bank Mandiri pembayaran dapat dilakukan di tempat dan akan langsung masuk ke kas negara. Hal ini juga akan mengurangi biaya administrasi yang harus dibayar oleh pengguna jasa. Manfaat lain yang dapat dirasakan adalah pelayanan kepabeanan dapat seketika dilakukan karena pembayaran kewajiban dilakukan saat itu juga.

Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan pada tahap Pada tahap awal, Bank Mandiri akan menempatkan 56 mini ATM dan mesin EDC di Kantor-Kantor Bea Cukai, Pos Lintas Batas Negara, Kantor Pos, serta di Bandara dan Pelabuhan yang telah ditunjuk oleh Bea Cukai. Di samping itu, Bank Mandiri telah menambahkan fitur pembayaran di bidang kepabeanan, cukai, serta pajak ekspor dan impor pada alat pembayaran non tunai Mandiri.

“Layanan ini merupakan implementasi komitmen perseroan untuk semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan di bidang kepabeanan, cukai, serta pajak ekspor dan impor sehingga dapat mendukung upaya pemerintah menggenjot penerimaan negara,” kata Kartika.

Untuk semakin meningkatkan pemahaman masyarakat atas inovasi layanan ini, Bea Cukai bersama PT. Bank Mandiri akan melakukan sosialisasi kepada para pengguna jasa dan melakukan pengawasan operasional sistem yang sudah berjalan agar tidak ada gangguan terhadap penerimaan negara.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler