Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Indonesia Tuan Rumah Pertemuan Direktorat Bea Cukai se-Asia Tenggara

Selasa 16 May 2017 12:11 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pertemuan pimpinan Bea Cukai se-Asia Tenggara (ASEAN Directors-General of Customs Meeting) ke-26.

Pertemuan pimpinan Bea Cukai se-Asia Tenggara (ASEAN Directors-General of Customs Meeting) ke-26.

Foto: bea cukai

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menjadi tuan rumah pertemuan tahunan para pimpinan Bea Cukai se-Asia Tenggara (ASEAN Directors-General of Customs Meeting) ke-26 yang diselenggarakan sejak 16-18 Mei di Bali. Indonesia juga bertindak sebagai Chairman pertemuan sekaligus sebagai Ketua ASEAN Customs selama setahun ke depan.

Pertemuan ini merupakan forum tertinggi di bidang kepabeanan di ASEAN yang membahas berbagai kepentingan strategis pabean dalam rangka mendukung terwujudnya Masyarakat Ekonomi ASEAN, serta memberi arahan dan keputusan bagi forum kerja sama kepabeanan di bawahnya, yaitu Coordinating Committee on Customs (CCC), Customs Enforcement and Compliance Working Group (CECWG), Customs Capacity Building Working Group (CCB WG) serta Customs Procedures and Trade Facititation Working Group (CPTF WG) yang membawahi Sub Working Group on ASEAN Customs Transit System (SWG ACTS) dan ASEAN Harmonized Tariff Nomenclature Task Force (AHTN TF).

Hadir dalam pertemuan ini pimpinan Bea Cukai dari sepuluh negara anggota ASEAN serta Sekretariat ASEAN ASEAN Secretariat. Para pimpinan Bea Cukai ASEAN juga mengadakan pertemuan dengan mitra dialog Republik Rakyat Cina (RRC), Jepang, Korea, serta pendatang baru Australia, dengan mendapat dukungan dari World Customs Organization (WCO). Diagendakan pula sesi konsultasi perwakilan sektor swasta dari US-ASEAN Business Council (US-ABC), EU-ABC, serta perwakilan sektor swasta dari negara tuan rumah (host) yang merupakan usulan dari Indonesia.

Pertemuan ASEAN DG Meeting tahun ini bertepatan dengan perayaan 50 tahun ASEAN sehingga diharapkan spirit dan solidaritas ASEAN dapat menjadi modal berharga untuk mewujudkan cita-cita ASEAN.

Sumber : ril bea cukai
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler