Thursday, 6 Jumadil Akhir 1439 / 22 February 2018

Thursday, 6 Jumadil Akhir 1439 / 22 February 2018

Ini Langkah Bea Cukai Malang Berantas Barang Ilegal

Kamis 13 April 2017 18:00 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Bea Cukai gagalkan pengiriman rokok ilegal.

Bea Cukai gagalkan pengiriman rokok ilegal.

Foto: bea cukai

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG – Upaya pencegahan terhadap pelanggaran di bidang cukai juga gencar dilakukan oleh Bea Cukai Malang. Pada Rabu (12/4), melalui kegiatan bertajuk 'Bea Cukai Sobo Pasar', Tim Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Malang memberikan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar Pasar Wajak Kabupaten Malang melalui stand couching clinic.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Bea Cukai Malang Surjaningsih menjelaskan kegiatan ini selain mengenalkan Bea Cukai kepada masyarakat, secara khusus juga memberikan informasi terkait cukai, seperti identifikasi pita cukai dan rokok palsu.

“Selain mengenalkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan informasi tentang cukai, kami juga memberikan informasi kepabeanan dan cukai lainnya, seperti barang kiriman dan barang bawaan penumpang. Masyarakat cukup antusias dengan acara ini, banyak yang berkunjung ke stand kami dan mencari informasi kepabeanan dan cukai,” ujar Surjaningsih.

Masih dalam rangkaian sosialisasi ini, tim Bea Cukai Malang juga mengunjungi toko-toko di sekitar pasar Wajak yang menjual Barang Kena Cukai (BKC), seperti rokok, tembakau, dan minuman beralkohol. Kunjungan ini sekaligus mendorong para pedagang BKC agar menjual BKC legal, serta memberikan pemahaman tetang konsekuensi hukum yang diterima apabila menjual BKC ilegal.

“Kegiatan Bea Cukai Sobo Pasar ini memang dimaksudkan sebagai tindakan preventif untuk menghentikan dan memberantas peredaran BKC ilegal, khususnya di wilayah Malang. Para pedagang yang sudah mendapatkan pemahaman tentang konsekuensi hukumnya, diharapkan akan lebih mempertimbangkan lagi keinginan untuk menjual BKC yang ilegal,” kata Surjaningsih.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA