Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

IKM di Blitar Sambut Hangat Kemudahan Impor Tujuan Ekspor

Rabu 22 Mar 2017 17:36 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Sosialisasi Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) oleh Bea Cukai Blitar.

Sosialisasi Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) oleh Bea Cukai Blitar.

Foto: bea cukai

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR -- Bea Cukai kian gencar memperkenalkan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM). Tak hanya di lingkup pusat, kantor-kantor pelayanan Bea Cukai pun seakan berlomba-lomba menginformasikan kepada para pengusaha di daerah akan implementasi fasilitas ini, seperti yang dilaksanakan oleh Bea Cukai Blitar.

Bea Cukai Blitar menggelar Sosialisasi KITE IKM yang dihadiri para pelaku IKM, Bapeda, dan Disperindag Kota Blitar, Senin (20/3). Acara ini dibuka oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan Kanwil Bea Cukai Jawa Timur II, Nelson Hasoloan, dan mengahdirkan narasumber dari Tim Bidang Fasilitas Kepabeanan Bea Cukai, Fathony Kurniawan dan Edy Irianto.

Mudahnya Mengurus Impor Barang Hibah

Selain menjabarkan tata cara pemberian serta persyaratan yang dibutuhkan oleh IKM untuk mendapatkan fasilitas KITE, narasumber juga menjelaskan mengenai perbedaan antara KITE IKM dan KITE Industri Besar dalam bidang akses Kepabeanan, Modul, KITE IKM, Jaminan, serta Ketentuan Pembatasan. Dari data Bea Cukai Blitar, saat ini tercatat terdapat 21 pengusaha yang telah menghadiri sosialisasi dan mendapatkan informasi mengenai KITE IKM.

Salah seorang pengusaha Kendang Jimbe Blitar, Basuki, mengaku menyambut baik dan merasa sangat senang dengan fasilitas yang diberikan Bea Cukai ini. "(Dengan adanya fasilitas ini) otomatis memangkas biaya dan birokrasi, karena semua keperluan impor bahan dan ekspor sekarang cukup di Bea Cukai Blitar, tidak perlu jauh-jauh ke Surabaya," ujar Basuki.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler