Penutupan Asian Games Diwarnai Budaya Indonesia
Ahad , 05 October 2014, 00:38 WIB
Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, INCHEON -- Indonesia menerima bendera Asian Games dari Komite Olimpiade Asia (OCA) sebagai simbol tuan rumah Asian Games 2018 sebelum ditampilkan tarian budaya Indonesia.

Upacara penutupan Asian Games Incheon dimulai dengan perhitungan mundur penutupan Asian Games Incheon. Bagian ini diawali dengan nyanyian lagu "Rainbow" yang dibawakan paduan suara anak-anak.

Kemudian dilanjutkan dengan tari kolosal dari National Dance Company of Korea dan National Gugak Center Dance yang menggambarkan tentang perjalanan para atlet di Asian Games 2014.

Setelah tarian kolosal dilakukan penghitungan mundur yang dimulai penampilan film singkat tentang para atlet yang berhasil menjadi juara selam 16 hari pelaksanaan Asian Games.

Pada bagian kedua acara penutupan dimulai dengan masuknya bendera Korsel sebagai tuan rumah penyelenggara, kemudian diikuti dengan defile atlet dari seluruh negara peserta di area upacara. Pada selingan acara dipentaskan penampilan grup K-pop yang membawakan beberapa lagu.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman penghargaan Samsung Most Valuable Player (MVP), di mana ada delapan kandidat atlet yang menjadi finalisnya. Setelah acara penyerahan atlet favorit tersebut, dilanjutkan acara sambutan Presiden Incheon Asian Games Olympic Comittee (IAGOC) dan penutupan Asian Games oleh Presiden OCA Sheikh Ahmad Al fahad Al Shabah.

Setelah pidato itu acara dilanjutkan penurunan bendera OCA sebagai tanda ditutupnya Asian Games 2014 dan sang Merah-Putih dikibarkan sebagai tanda bahwa Indonesia adalah tuan rumah Asian Games berikutnya 2018, diwarnai diserahkannya bendera OCA dari Presiden IAGOC kepada NOC Indonesia Rita Subowo.

Namun sebelumnya Presiden OCA juga menyerahkan obor kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin, dan bendera Asian Games kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki TJahaja Purnama sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Setelah itu, Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 menampilkan 50 penari yang memantaskan di antaranya Reog Ponorogo, tari-tarian Betawi dan Sumatera Selatan yang diwarnai iringan musik gambang kromong secara elektrik.

Acara penutupan Asian Games 2014 Incheon, Korsel, diakhiri dengan tarian tradisional Korea.


Redaktur : Didi Purwadi
Sumber : Antara
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
JAKARTA -- Asian Games ke-17 akhirnya telah resmi berakhir. Total 45 negara telah bersaing demi menjadi yang terbaik pada 36 cabang olah raga yang dipertandingkan selama 16 hari di Incheon, Korea Selatan. Dengan slogan ''Diversity Shines Here, Incheon...
Oleh: Reja Irfa WidodoWartawan Republika Online Hasil akhir perolehan medali di Asian Games ke-17 Incheon, Korea Selatan, kian menegaskan supremasi Tiongkok sebagai negara terkuat di arena olah raga khususnya di kawasan Asia. Negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia itu...
Oleh: Reja Irfa Widododari Incheon, Korea Selatan ''Waktu pertama datang kesini, satu tempat yang saya ingin kunjungi ya Ansan. Katanya kalo disini gak lengkap kalo gak ke Ansan,'' kata Awan (29 tahun), TKI asal Cilacap, kepada saya saat kami bertemu...
Oleh: Reja Irfa Widododari Incheon, Korea Selatan Jika diamati di setiap bagian dalam bagasi Taksi di Incheon selalu terdapat sebuah tabung gas berukuran persis seperti gas 12 kg di tanah air. Tabung ini merupakan sumber bahan bakar utama di setiap...
Laporan langsung wartawan Republika Online, Reja Irfa Widodo dari Incheon, Korea Selatan Bangunan lima lantai itu berdiri megah di salah satu sudut Kota Ansan, tepatnya di Gyeonggi-do, Ansan-si, Danwon-gu, Wongok-do 714-5. Di ujung atas bangunan itu terdapat sebuah kubah berukuran...
Oleh: Reja Irfa Widododari Incheon, Korea Selatan Demi memudahkan tugas perwarta di Asian Games 2014 Incheon, pihak panitia penyelenggara (IAGOC) memberikan layanan shuttle bus dari venue pertandingan ke media center. Terkadang pelajaran atau hikmah bisa didapat dari mana saja dan...