Selasa 30 Sep 2014 08:10 WIB

Atlet Korea Utara 'Kopi Darat' Usai Asian Games

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Citra Listya Rini
Kontingen Korea Utara di Asian Games 2014
Foto: Reuters/Issei Kato
Kontingen Korea Utara di Asian Games 2014

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG  --  Sejumlah atlet Korea Utara yang ikut ambil bagian dalam Asian Games Incheon telah kembali ke Pyongyang dengan penerbangan Air Koryo dari Bandara Internasional Incheon akhir pekan lalu.

Di negaranya, mereka menggelar 'kopi darat' alias kumpul-kumpul khusus untuk mengungkapkan betapa mereka merindukan tanah air mereka.  Dilansir dari North Korean Central News Agency, Selasa (30/9), acara kopi darat tersebut menampilkan lagu-lagu dan puisi yang memuji pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un.

Pada pertemuan bertajuk 'Kerinduan untuk Yang Terhormat Marsekal Kim Jong Un' itu, Menteri Olah Raga Korea Utara Kim Yong Hun menyatakan seluurh atlet telah jauh dari pemimpinnya selama lebih dari sepekan.

"Semua orang merindukan pemimpinnya yang selama di sini selalu mereka lihat diwaktu terjaga hingga tertidur," ujar Yong Hun.

Di antara pilihan lagu yang diperdengarkan diacara itu adalah berjudul 'We Cannot Live Without You' dan 'Warm Feelings.' Lagu itu mencerminkan persatuan semua rakyat Korea Utara yang lebih kuat dibandingkan ikatan sedarah sekaligus.

Korea Utara mengirimkan 273 atlet ke Incheon. Mereka sejauh ini cukup berprestasi dan mencetak rekor dunia untuk cabang angkat besi, menembak, senam, dan masuk kualifikasi kompetisi sepak bola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement