Ahad 21 Sep 2014 12:32 WIB

Relawan Pengaman Asian Games Harus sudah Wajib Militer

Suasana Asian Games 2014.
Foto: Reuters
Suasana Asian Games 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Reja Irfa Widodo dari Incheon, Korea Selatan

Hampir di semua venue Asian Games XVII selalu terlihat dua orang berseragam putih dengan mengenakan rompi hijau terang. Mereka selalu berjalan beriringan dan mondar-mandir di sekitar venue. Ternyata mereka merupakan bagian dari pengamanan Asian Games XVII.

Jika dilihat dari usia mereka, para pengaman Asian Games XVII ini ternyata bukanlah tenaga pengamanan profesional yang berpengalaman. Rata-rata mereka adalah relawan dan baru menginjak usia remaja.

Kim Hyun Jae, yang bertugas di Stadion Utama Incheon, menyatakan, dirinya baru berusia 21 tahun. Pun dengan rekannya, Yi Jun Hyeok, yang baru berusia 19 tahun.

Diinstruksikan untuk bertugas di Stadion Utama Incheon, mereka ternyata tengah melakoni kewajiban bergabung dengan militer kepada para pemuda Korea Selatan. Paling tidak, ungkap Kim, seorang pemuda Korea Selatan yang telah berusia 19 tahun harus menjalani wajib militer.

"Kami harus menjalani wajib militer selama dua tahun, dan ini adalah tahun terakhir saya," kata Kim kepada Republika, Ahad (21/9).

Selama di Asian Games XVII, Kim dan Yi ditugaskan untuk terlibat dalam pengamanan di Stadion Utama Incheon. Namun selepas akhir Asian Games XVII, Kim dan Yi ditugaskan untuk membantu tugas kepolisian di Seobu Police Station, beberapa kilometer dari Stadion Utama Incheon.

Kim dan Yi merupakan dua dari sekitar puluhan remaja yang ikut dalam pengamanan Stadion Utama Incheon. Tiap harinya, mereka berdua berpatroli di wilayah selatan Stadion Utama Incheon. Dari sekitar puluhan orang remaja itu, regu pengamanan dibagi menjadi dua orang berdasarkan wilayah patroli masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement