Jumat 19 Sep 2014 21:42 WIB

Kenali 10 Budaya Berikut sebelum Datang ke Asian Games (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Didi Purwadi
 Penampilan seni tradisi musik rakyat Korea , Pungmul Play pada upacara pembukaan Asian Games ke-17 di Incheon, Jumat (19/9). (Reuters/Olivia Harris)
Penampilan seni tradisi musik rakyat Korea , Pungmul Play pada upacara pembukaan Asian Games ke-17 di Incheon, Jumat (19/9). (Reuters/Olivia Harris)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Apakah Anda berencana untuk datang ke Korea Selatan menyaksikan Asian Games 2014 atau sekadar mampir sebelum transit berwisata ke Asia Timur?

Nah, Anda perlu mengenal 10 budaya berikut yang mungkin akan membantu Anda memiliki waktu yang lebih baik di Korea Selatan, dilansir dari Matador Network, Jumat (19/8).

1. Kimchi

Kimchi adalah irisan kol yang difermentasi dengan saus cabai merah dan pasta ikan teri. Kimchi sangat pedas dan asam. Orang-orang Korea menyukainya dan memakannya setiap kali bersantap di siang atau malam hari.

Kimchi adalah simbol budaya Korea yang kuat dan menantang. Beberapa orang asing tidak dapat memakannya karena takut sakit perut. Jika Anda bisa mencobanya, maka sayuran ini layak dicoba.

2. Sepatu

Ketika Anda masuk ke dalam rumah seorang Korea, maka Anda harus membuka terlebih dahulu sepatu Anda di depan pintu. Jika tak melakukannya, maka itu bearti Anda tidak menghormati tuan rumah.

Korea memiliki hubungan khusus dengan lantai dimana mereka sering tidur dan duduk di sana. Lantai kotor adalah hal yang sangat dihindari di negara ini.

3. Soju

Korea memiliki minuman keras yang menjadi simbol nasional, yaitu soju. Soju itu seperti vodka dan biasanya selalu disajikan dengan menu makanan, seperti daging. Ketika bersulang dengan soju, maka Anda akan mendengar dentingan gelas dan orang-orang Korea akan berteriak 'geonbae!' sebagai ungkapan sorak sorai.

Korea juga memiliki etika minuman yang ketat. Jangan pernah menuangkan minuman ke gelas Anda sendiri. Anda harus menuangkannya terlebih dahulu untuk orang yang lebih tua. Kemudian, letakkan satu tangan ke dada kiri Anda atau lengan Anda, sebagai tanda hormat untuk mereka.

4. Nasi

Seperti di Jepang, orang Korea juga selalu makan nasi setiap kali makan. Berbeda dengan Jepang, orang Korea biasanya makan nasi dengan sendok dan mereka tidak pernah mengangkat mangkuk nasi ke arah mulut mereka seperti orang Jepang.

Juga, sumpit tidak boleh ditancapkan di mangkuk nasi karena ini dianggap Anda mendoakan orang-orang yang makan bersama Anda cepat mati.

5. Jarang Senyum

Orang-orang Korea sangat hangat dan murah hati. Namun, Anda tidak akan pernah tahu langsung jika menemui mereka di depan umum. Di sepanjang jalan umum di Korea, Anda akan menemukan orang-orang yang berjalan cepat dan menempatkan wajah paling keras di wajah mereka.

Anda tidak akan pernah bertemu anak-anak atau remaja yang tersenyum sepanjang jalan sambil mengucapkan 'Halo.' Tapi, Anda baru akan mengetahuinya jika kebetulan berhenti menanyakan jalan, alamat, atau informasi lainnya kepada mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement