Kamis 23 Aug 2018 22:50 WIB

Asyiknya Keliling GBK Dengan Bus Gratis

Bus yang disediakan adalah metrotrans berwarna oranye dengan kapasitas 30 orang.

Rep: MGROL110/ Red: Didi Purwadi
Bus gratis untuk berkeliling GBK selama Asian Games 2018.
Foto: Republika/MGROL110
Bus gratis untuk berkeliling GBK selama Asian Games 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asian Games sudah memasuki hari keenam setelah resmi dibuka sabtu (18/8) lalu. Bagi pengunjung yang belum tahu, di komplek Gelora Bung Karno (GBK) disediakan shuttle bus gratis untuk mempermudah anda mencapai pintu tujuan selama Asian Games berlangsung.

Shuttle bus disediakan oleh panitia Asian Games 2018 (Inasgoc) sebagai bentuk komitmen mereka untuk kenyamanan penonton yang ingin menyaksikan perhelatan akbar olahraga Asia ini. Inasgoc bekerja sama dengan Transjakarta untuk penyediaan bus.

Bus yang disediakan adalah metrotrans berwarna oranye dengan kapasitas kurang lebih 30 orang. Untuk membedakan metrotrans gratis dan komersil, pengunjung GBK hanya perlu melihat stiker elektronik depan bus yang bertuliskan ’Asian Games 2018’.

Pengunjung yang ingin menggunakan jasa bus gratis ini hanya perlu menunggu di halte atau tempat yang memiliki tanda busway. Waktu yang dibutuhkan untuk satu kali putaran sekitar 30 menit, dengan perhitungan kemacetan di depan Plaza Senayan dan Fx Sudirman serta turun naik penumpang bus. Metrotrans yang beroperasi mengelilingi GBK dan berhenti di beberapa titik.

Bagi penumpang yang naik di jalan Asia Afrika Pintu 1 GBK, bus akan bergerak melewati Plaza Senayan menuju halte Fx Sudirman. Dari pantauan Republika.co.id, penonton Asian Games yang ingin menuju Pintu 4 dan 5 disarankan untuk turun di sini, karena shuttle bus ini tidak akan melawati Jl. Pintu Satu Senayan.

Pemberhentian berikutnya adalah Pintu 6 dan 7 GBK di Jl. Jenderal Sudirman, dilanjutkan ke Pintu 8 yang terletak di Jalan S Parman. Bus kemudian berbelok menuju Jalan Gerbang Pemuda dan berhenti di halte Pintu 9.

Titik henti berikutnya ada di Pintu 10 tepat diseberang TVRI, yang kemudian berhenti kembali di depan Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga. Selanjutnya bus mengarah ke Jalan Asia Afrika untuk berhenti di halte Pintu 11, dan kembali ke Pintu 1.

Saat menaiki bus gratis ini, penumpang akan diberi tiket masuk. Namun jangan khawatir itu hanya bukti bahwa anda sedang menikmati layanan gratis Transjakarta dan hanya bisa digunakan untuk sekali jalan. Jadi, bila tidak ingin menyimpan tiket tersebut, jangan lupa untuk membuangnya ke tempat sampah yang tersedia. Mari jaga kebersihan dan sukseskan Asian Games 2018 ini.

Bagi pengunjung yang masih kebingungan untuk menaiki bus, menukar atau membeli tiket, jangan malu untuk bertanya kepada volunteer dan steward yang siap berjaga untuk melayani pertanyaan Anda. Volunter menggunakan baju warna oranye dan celana coklat serta memakai badge nama. Steward menggunakan rompi hijau dengan tulisan ‘Ask Me’ dibagian punggung serta memakai badge nama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement