Selasa 30 Sep 2014 16:01 WIB

Yes! Indonesia Dapat Medali Emas Keempat

Atlet wushu Indonesia, Juwita Niza Wasni.
Foto: EPA
Atlet wushu Indonesia, Juwita Niza Wasni.

REPUBLIKA.CO.ID, INCHEON - Atlet wushu yang turun di nomor nanquan dan nandao di Asian Games 2014, Juwita Niza Wasni yang hanya meraih medali perak pada Sabtu (20/9), akhirnya ketiban pulung. Itu setelah Dewan Olimpiade Asia (OCA), Selasa (30/9), mengumumkan pencabutan medali emas yang didapat atlet Malaysia, Tai Cheau Xuen. Atlet berusia 22 tahun itu dinyatakan gagal tes doping.

Dilansir Reuters, keputusan OCA itu juga menjadi berkah tersendiri bagi Indonesia. Itu setelah atlet wushu Ivana Ardelia Irmanto, yang menduduki peringkat keempat naik ke urutan ketiga. Atas dicabutnya Tai Cheau Xuen, ia seketika mendapat medali perak.

Dalam pernyataannya OCA tidak mentoleransi perbuatan Tai Cheau Xuen yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Dampaknya, Juwita dipromosikan mendapat emas, dan medali emas atlet Malaysia itu dicabut.

"Setelah proses hukum sesuai dengan aturan dan prosedur dari OCA, telah ditetapkan bahwa temuan di atas merupakan pelanggaran peraturan anti-doping dan dengan demikian sanksi berikut telah diambil," begitu pernyataan OCA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement