Selasa 23 Sep 2014 16:27 WIB

Australia Bakal Gabung Asian Games?

Bendera Australia
Bendera Australia

REPUBLIKA.CO.ID, INCHEON  --  Australia menyambut baik usulan kemungkinan bisa berlaga dalam Asian Games. Setelah pejabat Olimpiade Asia menyetujui negara-negara Ocenia bisa bergabung dalam ajang olahraga yang lebih kecil.

Meski belum ada rencana pasti untuk mengizinkan negara Oceania untuk berkompetisi di ajang utama Asian Games, yang merupakan ajang olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade, Badan Eksekutif Dewan Olimpiade Asia (OCA) kini telah membuka jalan itu.

Majelis umum OCA, dalam sela-sela pertemuan mengenai Asian Games ke 17 di Korea Selatan, selama sepekan memutuskan untuk memperbolehkan negara Oceania ikut berkompetisi dalam Asian Indoor Games selanjutnya, yang digelar 2017.

Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah mengatakan dua wilayah itu tengah melakukan langkah yang perlahan tetapi OCA tidak mengesampingkan peluang negara Oceania untuk berkompetisi di ajang olahraga yang lebih besar lagi di masa mendatang. "Saya rasa ada kesempatan," kata Sheikh Ahmad. "Tapi kami tidak mau langsung melakukan semuanya."

"Mari lakukan hal ini selangkah demi selangkah. Asian Indoor Games rasanya cukup bagus, lalu nanti kita akan pikirkan yang lainnya," katanya.

Kabar tersebut disambut baik oleh Australia, yang telah lama menyukai usulan untuk bisa lebih dekat dengan Asia agar bisa membuka kesempatan bagi atletnya berlaga dalam kompetisi yang lebih keras melalui lawan seperti Cina, Jepang dan Korea Selatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement