Sabtu 20 Sep 2014 11:57 WIB

Lawan Jepang, Indonesia Gantungkan Harapan ke Ganda Putri

Suci/Tiara
Foto: PBSI
Suci/Tiara

REPUBLIKA.CO.ID, INCHEON--Sektor ganda kembali mendapat tugas berat di ajang bulu tangkis beregu putri Asian Games 2014. Sektor ini diharapkan dapat menyumbangkan dua poin kemenangan bagi tim putri Indonesia yang akan menghadapi laga melawan Jepang di babak perempat final, Sabtu (20/9).

Jika melihat materi pemain serta pengalaman bertanding, maka nomor ganda putri memang patut dijadikan andalan. Indonesia punya pasangan ganda putri rangking 10 dunia, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari. Pasangan ini kemungkinan akan berhadapan dengan Ayaka Takahashi/Misaki Matsutomo yang duduk di rangking tiga dunia. Kedua pasangan tercatat belum pernah saling berhadapan.

“Kalau mau liat posisi peringkat dunia, nomor ganda diharapkan bisa mengambil dua poin kemenangan, sementara satu poin lagi dari nomor tunggal,” kata Lius Pongoh, manajer tim Indonesia dalam rilis PBSI yang diterima ROL.

“Sebetulnya kemampuan kedua tim bisa dibilang imbang, misalnya di ganda putri. Greysia/Nitya susah mematikan lawan, tetapi lawan juga sulit menembus pertahanan Greysia/Nitya. Jadi tinggal Greysia/Nitya saja yang jangan melakukan kesalahan sendiri,” tambah Lius.

Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Nuraidah akan turun sebagai ganda putri kedua yang kemungkinan akan ditunggu pasangan peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia BWF 2014, Reika Kakiiwa/Miyuki Maeda. Berdasarkan data pertandingan, Suci/Tiara sejak berpartner bersama juga belum pernah bertemu dengan Kakiiwa/Maeda.

Dari segi ranking, Suci/Tiara yang kini berada di peringkat 25 dunia, memang masih kalah jauh dibandingkan Kakiiwa/Maeda yang merupakan pasangn peringkat lima dunia.

“Peluang menang itu tetap ada, kami mau coba dulu usaha di lapangan. Saat berpasangan dengan Tiara, saya belum pernah bertemu Kakiiwa/Maeda, tapi dengan partner lain sudah pernah dan kalah. Tapi tidak ada yang tidak mungkin, semoga kami bisa menyumbang poin,” ungkap Suci, pemain asal klub Mutiara Cardinal Bandung.

Sementara Tiara berjanji akan berusaha mati-matian untuk bisa memberikan yang terbaik. Sebab, menurut dia, peluang untuk menang dinilainya sama kuat. Tiara menilai para pemain tunggal putri Indonesia juga pernah mengalahkan tunggal Jepang. Pada nomor tunggal, Indonesia akan menurunkan Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputty dan Hanna Ramadini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement