Rabu 05 Sep 2018 04:00 WIB

Atlet Kabupaten Bandung Total Sumbang 1 Emas dan 4 Perak

Potensi atlet berprestasi di wilayah Kabupaten Bandung sangat besar.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Endro Yuwanto
Hanifan Yudani Kusuma, atlet pencak silat peraih medali emas di ajang Asian Games 2018 diwawancara wartawan saat penyambutan, di halaman GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Senin (3/9).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Hanifan Yudani Kusuma, atlet pencak silat peraih medali emas di ajang Asian Games 2018 diwawancara wartawan saat penyambutan, di halaman GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Senin (3/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung menyatakan, atlet asal Kabupaten Bandung menyumbangkan satu emas dan empat perak di ajang Asian Games 2018 kemarin. Total, sebanyak 17 atlet dan 7 pelatih asal Kabupaten Bandung yang terlibat dalam perhelatan tersebut.

“Atlet, pelatih, dan ofisial itu memperkuat cabang olahraga (cabor) pencak silat, angkat besi, polo air, hoki, softball, bulu tangkis, karate, dan dayung,” ujar Kadispora Kabupaten Bandung Slamet Mulyana, Selasa (4/9).

Slamet melanjutkan, medali emas diraih Hanifan Yudani Kusuma pada cabor pencak silat. Kemudian medali perak disumbangkan Sri Wahyuni cabor angkat besi, Selvianti Devi Hidayat dan Fazriah Nurbayan cabor dayung beregu. Serta Fajar Alfian dari cabor bulu tangkis nomor ganda putera.

Menurut Slamet, dengan raihan medali yang diperoleh atlet asal Kabupaten Bandung membuktikan jika potensi atlet wilayah ini sangat besar. Oleh karena itu, pihaknya bekerja sama dengan KONI melakukan pembinaan di cabor masing-masing.

Dari total jumlah penduduk Kabupaten Bandung sebanyak 3,6 juta jiwa, lanjut Slamet, 60 persennya adalah generasi muda sehingga potensi atlet muda sangat besar. Pihaknya akan mengadakan kompetisi tingkat pelajar maupun kompetisi lain untuk meningkatkan kemampuan atlet muda.

Bupati Bandung Dadang M Nasser menerima dan menyambut lima orang atlet asal Kabupaten Bandung yang berlaga di ajang Asian Games. Tidak hanya itu, ribuan pelajar turut memeriahkan kedatangan para atlet tersebut. Sejumlah atlet tersebut mendapatkan medali.

Para atlet itu diarak dari kantor KONI Kabupaten Bandung menuju rumah dinas bupati Bandung. Warga mengelu-elukan atlet, khususnya Hanifan yang membawa medali emas di cabang olahraga pencak silat. "Selamat dan terima kasih kepada para atlet yang bertanding di Asian Games, sudah mengharumkan Kabupaten Bandung," ujar Dadang.

Dadang mengaku bangga dengan raihan medali yang diperoleh Indonesia dalam ajang Asian Games 2018. Dari peringkat ke-17, Indonesia sekarang sebagai tuan rumah masuk urutan empat besar. Selama proses penyambutan, diberikan pula bonus 'kadeudeuh' kepada para atlet yang meraih medali serta piagam penghargaan oleh bupati Bandung tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement