Ahad 02 Sep 2018 21:22 WIB

Lagu 'Kemesraan' Iringi Pemadaman Api Asian Games

Pemadaman api kaldron juga didampingi dengan tari-tarian.

Obor saat pembukaan Asian Games ke-18
Foto: Antara/Inasgoc/Wahyudin
Obor saat pembukaan Asian Games ke-18

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lagu 'Kemesraan' yang dipopulerkan oleh penyanyi Iwan Fals mengiringi pemadaman api Asian Games 2018 di kaldron Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (2/9) malam. Pada upacara penutupan, lagu tersebut dibawakan oleh Bams dan Lea Simanjutak di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sementara kaldron berada di depan stadion utama.

Tak hanya diiringi oleh nyanyian, pemadaman kaldron juga didampingi dengan tari-tarian dimana para penari berada di sekeliling kaldron. Para penari menggunakan gaun merah sambil membawa lentera.

Pemadaman tersebut melambangkan bahwa perhelatan olahraga Asian Games Jakarta-Palembang telah berakhir. Kaldron Asian Games 2018 itu dirancang dengan konsep untuk menyalakan semangat berkompetisi secara adil, ksatria juga menjalin persahabatan sebagai tujuan ajang Asian Games.

Bentuk kaldron yang berawal dari bumi kemudian memuncak ke langit dengan api menyala melambangkan semangat untuk mencapai tujuan. Pola pada badan kaldron melambangkan keragaman nusantara, yakni negara Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau. Derajat kemiringan kaldron dirancang sama dengan kemiringan Stadion Utama GBK.

Asian Games berikutnya akan dilaksanakan di Hangzhou pada 2022. Hangzhou merupakan ibu Kota Provinsi Zhejiang di timur Cina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement