Ahad 02 Sep 2018 19:14 WIB

Dinas LH DKI Jakarta akan All Out Bersihkan GBK

Ditargetkan GBK akan kembali bersih pada Senin (3/9) Subuh

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Hazliansyah
Suasana laporan langsung Upacara Penutupan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9).
Foto: antara/INASGOC/Eka Nickmatulhuda
Suasana laporan langsung Upacara Penutupan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta sudah bersiaga untuk menjaga kebersihan di lokasi seremoni penutup Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Ahad (2/9). Ditargetkan, GBK akan kembali bersih pada Senin (3/9) subuh.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Isnawa Adji menyatakan akan maksimal dalam pembersihan sampah di GBK. "Saya dan jajaran all-out membersihkan, besok subuh GBK sudah bersih dari sampah," ujar Isnawa Adji kepada Republika.co.id, Ahad (2/9).

Untuk menjaga kebersihan GBK, Dinas LH DKI menyiapkan 1.467 petugas kebersihan, 10.000 kantung sampah besar, 250 Unit Dust Bin kapasitas 120 Liter dan 200 Unit Dust Bin kapasitas 660 Liter yang sudah disebar di seluruh titik vital di GBK.

"Untuk Dust Bin 120 Liter yang digunakan 147 dan Dust Bin 660 Liter ditambah menjadi 234 unit," kata Adji.

Pihaknya juga menyiapkan Truk Compactor sebanyak 21 unit dan Gerobak Motor sejumlah 100 unit untuk mengangkut sampah yang dihasilkan dari acara penutupan tersebut.

"Untuk menyapu jalan, kami juga mengerahkan 42 unit Road Sweeper," ungkapnya.

Untuk menunjang fasilitas pengunjung, Dinas LH DKI Jakarta menyediakan Bus Toilet Umum gratis dengan kualitas VIP sebanyak 25 unit. "Yang dipakai 15 unit karena INASGOC juga menyediakan toilet portable," ucap dia.

Adji mengimbau kepada seluruh pengunjung acara penutupan Asian Games untuk tetap tertib dan membuang sampah pada tempat yang tersedia. Ia juga mengajak warga untuk mengurangi produksi sampah dari diri sendiri.

"Bawa botol minuman dan wadah makanan sendiri. Bantu petugas untuk menjaga kebersihan," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement