Rabu 22 Aug 2018 17:13 WIB

Aldila Gugur di Perempat Final dari Unggulan Kedua

Aldila yang di Asian Games 2018 bukan petenis unggulan sempat mengimbangi Wang.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
Aldila Sutjiadi
Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/M N Kanwa
Aldila Sutjiadi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi tersingkir di perempat final tunggal putri Asian Games 2018. Aldila kalah dari wakil Cina unggulan dua, Wang Qiang, dengan skor 4-6, 3-6.

Aldila yang di Asian Games Jakarta-Palembang 2018 bukan petenis unggulan sempat mengimbangi Wang, peraih medali emas Asian Games Incheon 2014. Sebelumnya ia mengalahkan Peangtarn Plipeuch unggulan ke-10 dan Miyu Kato unggulan kelima. Aldila mengatakan, kekalahan ini akan menjadi pembelajaran dan pengalamannya untuk masa mendatang. 

Baca Juga

"Lawan lebih baik hari ini mainnya dan bola-bolanya lebih sulit dikembalikan daripada lawan-lawan sebelumnya dan mungkin saya lebih tertekan hari ini. Tapi saya sudah memberikan yang terbaik apa pun hasilnya saya terima dan ini sebagai motivasi ke depan dan juga bisa dijadikan pengalaman," kata Aldila seusai pertandingan di Jakabaring Sports City, Rabu (22/8).

Di set pertama, Aldila berhasil menyamakan kedudukan saat sempat tertinggal 1-4. Wang sempat membuat banyak kesalahan sendiri. Aldila pun berhasil menyamakan kedudukan menjadi 4-4. Namun Wang berhasil kembali konsentrasi dan bangkit unggul 6-4.

Di set kedua Wang memimpin lebih dulu. Tapi Aldila sempat mengejar dan unggul 2-1. Tapi Wang dengan tenang berhasil kembali menyamakan dan membalikkan kedudukan menjadi 3-2.

Di set kedua ini, Wang dan Aldila saling mengejar poin. Namun Wang memang sulit ditaklukkan. Pukulan-pukulannya semakin bervariasi. Petenis berusia 26 tahun tersebut dapat mencuri dua poin dari Aldila, kedudukan pun menjadi 5-3.

Di poin terakhir, Wang lebih agresif lagi. Walaupun Aldila sudah berusaha keras mengembalikan bola, juara bertahan tunggal putri Asian Games tersebut lebih dulu mendapatkan poin terakhir. Dengan cepat Wang dapat memenangkan set kedua dengan skor 6-3. "Pukulan-pukulannya lebih keras daripada lawan sebelumnya, lebih bagus tembakannya jadi itu juga jadi pengalaman yang saya ambil lawan dia dan juga bisa diterapkan di latihan," kata Aldila.

Di set pertama ketika tertinggal 1-4, Aldila bisa mengejar tiga poin berturut-turut. Aldila mengatakan, ia bisa mendapatkan tiga poin berturut-turut karena bermain lebih lepas daripada sebelumnya. "Mungkin karena ketinggalan saya mainnya jadi lebih lepas dan bisa lebih banyak menyerang, nah pas 4-4 dia pegang servis nah itu dia mulai berani lagi," jelas dia.

Setelah kedudukan 4-4, Wang memang kembali unggul dua poin secara beruntun dan memenangkan set pertama. Aldila mengatakan pada set kedua, Wang kembali menggunakan strategi yang sama, yakni melepaskan pukulan keras saat servis sehingga Aldila kesulitan untuk kembali menekan Wang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement