Ahad 19 Aug 2018 16:04 WIB

Pidato Erick Thohir yang 'Mengguncang' Stadion Utama GBK

Indonesia diikat oleh satu nilai kebangsaan yang sama, Bineka Tunggal Ika.

Ketua panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir memberikan kata sambutan didampingi Ketua OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah saat pembukaan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung karno , Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8).
Foto: Antara/Inasgoc/Wahyudin
Ketua panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir memberikan kata sambutan didampingi Ketua OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah saat pembukaan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung karno , Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembukaan Asian Games telah berjalan sukses. Publik Indonesia ramai-ramai memuji pergelaran pembukaan yang berlangsung secara megah dengan menggambarkan budaya dan kekayaan alam Tanah Air. Tak hanya di dalam negeri, media Asing juga memuji seremoni tersebut. 

Dalam pembukaan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Ahad (18/8) malam, Ketua Panitia Pelaksana, Erick Thohir mengungkapkan, Indonesia ingin memberikan contoh bagaimana negeri dengan umat Islam terbesar di dunia kehidupan sosial rakyatnya hidup damai dalam harmonis.

Kehidupan damai ini tercipta karena bangsa Indonesia diikat oleh satu nilai kebangsaan yang sama. "Kami menyebutnya Bineka Tunggal Ika atau Unity in Diversity  Welcome to Indonesia, the energy of Asia!," seru Erick dengan penuh semangat.

Baca juga, Rahasia di Balik Kemegahan Pembukaan Asian Games.

Indonesia, kata Erick, percaya Asia adalah sebuah benua menakjubkan dan sebagai the Land of Diversity,  Asia memiliki jumlah suku-etnis terbanyak di dunia. Keragaman  demografi telah menjadikan masyarakat Asia menjadi sangat dinamis dan kompetitif

Berikut pidato lengkap Erick Thohir yang juga pemilik Mahaka Grup ini. 

Your excellency Mr. Joko Widodo,  President of the Republic Indonesia, Your excellency Sheikh Ahmad Fahad Al-Sabah, President  Olympic Council of Asia All athletes…

Para Atlet… Pahlawan sejati Asia

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh!

Welcome to the house of diversity!

Allah Subhana Wa Taala  menganugerahkan kekayaan kepada Indonesia 17 ribu lebih pulau dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia,  263 juta populasi yang terdiri dari  300 etnis  berbicara dalam 700 bahasa etnis dan berbagai agama.

Indonesia ingin memberikan contoh, bagaimana negeri dengan umat Islam terbesar di dunia, kehidupan sosial rakyatnya hidup damai dalam harmonis. Kehidupan damai ini tercipta karena bangsa Indonesia diikat oleh satu nilai kebangsaan yang sama,kami menyebutnya Bineka Tunggal Ika atau Unity in Diversity Welcome to Indonesia, the energy of Asia!

Indonesia percaya, Asia adalah sebuah benua menakjubkan dan sebagai the Land of Diversity. Asia memiliki jumlah suku-etnis terbanyak di dunia. Keragaman  demografi telah menjadikan masyarakat Asia menjadi sangat dinamis dan kompetitif.

Menyebut Asia, artinya pada saat yang sama juga menyebut keragaman bangsa bangsa di dalamnya. Karena itu sejatinya bangsa Asia lebih mencintai harmoni dan kedamaian dalam kehidupan sosial mereka.

Hadirin sekalian yang saya muliakan, untuk itulah kita semua hadir di sini, untuk merayakan keragaman kita, untuk merayakan perbedaan kita, untuk merayakan kemanusiaan kita, Untuk saling menularkan energi dari bangsa-bangsa yang beragam menjadi satu kesatuan satu harmoni… the energy of Asia.

Kepada seluruh kontingen atlet dan seluruh pihak yang terlibat, Rakyat Indonesia bangga menyambut kedatangan saudara-saudara sekalian sebagai “Pahlawan sejati Asia”…”Heroes of Asia”.

Marilah kita bertanding dengan nilai-nilai sportifitas untuk menjadi yang terbaik sehingga di kenang di masa mendatang.

Dari Stadion Gelora Bung Karno, kami mengajak seluruh bangsa Asia, jadilah inspirasi dunia. Bersama semangat Asian Games ke-18 Jakarta – Palembang kita songsong masa depan Asia yang sentosa dan beradab, dengan semangat the Energy of Asia  kita ciptakan dunia yang damai.

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Erick Thohir

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement