Sabtu 18 Aug 2018 17:13 WIB

Pertunjukan Angklung dan Kolintang Sambut Penonton GBK

Mereka bermain sambil berdiri dari pinggir jalanan di Gate E.

Rep: Febrian Fachri / Red: Friska Yolanda
Pemain angklung dan kolintang menyambut penonton upacara pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8).
Foto: Republika/Febrian Fachri
Pemain angklung dan kolintang menyambut penonton upacara pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada yang menarik saat berjalan-jalan di sekitaran Stadion Gelora Bung Karno sore ini Sabtu (18/8). Di GBK kita ketahui akan ada pesta pembukaan Asian Games 2018 Jakarta Palembang.

Ratusan bahkan ribuan penonton upacara pembukaan Asian Games mulai berdatangan ke GBK. Anda mungkin beruntung kalau masuk GBK dari Gate E. Di sepanjang Gate E ada pertunjukan musik angklung dan kolintang yang dipersembahkan oleh Gema Indah Nusantara.

"Kami akan berikan pertunjukan angklung dan kolintang untuk menyambut para tamu undangan dan penonton pembukaan Asian Games," kata Pengurus Gema Indah Nusantara Wiwin Komalawati kepada Republika.co.id, Sabtu (18/8).

Para pemain angklung dan kolintang ini tampil mengenakan pakaian adat dari seluruh provinsi Indonesia. Di sini mereka ingin menampilkan keanekaragaman pakaian tradisional adat nusantara.

Menariknya adalah jumlah peserta peragaan musik angklung dan kolintang ini bersamaan dengan tanggal hari ini, yaitu tanggal 18 bulan delapan tahun 2018. 

Mereka menampilkan delapan penyanyi vokal, 18 set grup kolintang dan 218 pemain angklung. Mereka berasal dari berbagai paguyuban di DKI Jakarta. 

Saat Republika.co.id mendengar dan melihat kelompok Gema Indah Nusantara ini mulai bermain, terdengar alunan musik yang indah dan kompak. Mereka bermain sambil berdiri dari pinggir jalanan di gate E. Para penonton yang berjalanan di Gate E pun jadi banyak yang berhenti untuk melihat, mengambil foto dan merekam video.

Wiwin pun senang kelompoknya bisa memberika  sumbangsih terhadap pembukaan Asian Games. Ia bangga bisa menjadi bagian dari sejarah perhelatan besar Asian Games di Indonesia yang datang dalam kurun waktu cukup lama. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement