Rabu 15 Aug 2018 20:04 WIB

Babak Pertama, Indonesia Vs Palestina Imbang 1-1

Indonesia mengawali laga dengan hati-hati.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Timnas Indonesia U-23
Foto: INASGOC/Ary Kristianto
Timnas Indonesia U-23

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI — Timnas Indonesia ditahan imbang Palestina pada babak pertama laga Grup A sepak bola Asian Games 2018. Kedua tim berbagi angka 1-1 pada laga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (15/8) malam.

Pelatih Luis Milla Aspas memainkan formasi 4-2-3-1. Gelandang serang Stefano Lilipaly menjadi andalan di lini depan kali ini. Ia ditemani gelandang tengah Septian David Maulana yang diapit dua pemain sayap, Irfan Jaya dan Febri Hariyadi. Pelatih Ayman Sandouqa melawan dengan menerapkan formasi 4-4-2. Odday Dabbagh dan Mahmoud Yousef berduet di lini serang.  

Jalannya laga

Indonesia mengawali laga dengan hati-hati. Para penggawa Palestina pun menunggu kesempatan mencuri bola dari penguasaan tuan rumah. Baru lima menit pertandingan, upaya para pemain tamu mencuri bola dari kaki penggawa Indonesia berujung pelanggaran. Gelandang Muhammed Rashid menjegal keras Septian David saat mencoba melakukan serangan.

Aksi Rashid membuat Septian terjungkal di areal Palestina. Wasit mengeluarkan kartu kuning pertama dan memberikan sepakan bebas untuk Indonesia. Namun kesempatan membuat gol tak terjadi. Justru pada menit keempat, gelandang Palestina Mahmoued Abuwarda lolos dari jebakan offside dan membuat peluang membuka gol. Beruntung, upaya tersebut gagal.

Skor masih 0-0 sampai menit ke-10. Indonesia dan Palestina sama-sama menguasai lini tengah. Sampai menit ke-14, serangan cepat Palestina ke lini pertahanan Indonesia berujung penalti. Gelandang bertahan Zulfiandi tertangkap wasit menyentuh bola di areal 12. Wasit menunjuk titik putih. Palestina menunjuk Mohamed Darwis menjadi algojo. 

Namun kiper Andritany Ardhiyasa berhasil menggagalkan eksekusi.   Sayang Odday Dabbagh berhasil mendapat bola muntahan. Pemain bernomor punggung sembilan itu cepat melepas sepakan akurat ke gawang Indonesia. Andritany yang masih dalam posisi tersungkur tak sanggup menghalau bola dan membiarkan bola masuk ke sarangnya, dan gol. Palestina membuka keunggulan 1-0. 

Tertinggal satu gol, membuat Indonesia mulai bermain agresif. Sampai menit ke-20, pemain depan Garuda mencatatkan dua peluang. Pada menit ke-18, sundulan Lilipaly ke gawang Palestina terlalu tinggi dari atas mistar. Pada menit ke-19, kemelut di depan gawang Rami Hamada memberi kesempatan bagi Hansamu Yama Pranata mencetak gol. Sayang, upaya dari sang kapten Garuda itu  gagal. 

Kerja keras Indonesia membayar selisih gol baru terwujud pada menit ke-22. Berawal dari sepak pojok, Febri mengimkan bola ke kotak 16 Palestina. Ada Muhammad Hargianto yang menerima umpan dan mengirimkan bola kembali ke Irfan Jaya yang berada di area kanan penalti tim tamu. Irfan dikawal dua pemain Palestina. Namun pemain Persebaya Surabaya itu menciptakan ruan tembak sebelum melepaskan tendangan mendatar ke sudut bawah gawang. Kiper Hamada mencoba mengahalau namun bola melaju lebih deras untuk membuat skor 1-1.

Lilipaly hampir membawa Indonesia unggul pada menit ke-23. Berawal dari Irfan Jaya umpan lambung dari sisi kanan, Lilipaly menyambut dengan tandukannya. Sayang, bola hanya mengenai tiang gawang. Skor tetap imbang 1-1 sampai setengah jam pertandingan.

Gawang Indonesia kembali terancam pada menit ke-34. Striker Yousef lolos dari jebakan offside. Pemain bernomor punggung 10 itu sudah berhadap-hadapan dengan Andritany. Akan tetapi bek tangguh Ricky Fajrin berhasil melakukan aksi sapu bersih. Skor tetap imbang saat Milla menarik Septian David pada menit ke-37. Gelandang Ilham Udin Armayn masuk menggantikan.

Lima menit sebelum turun minum, Indonesia punya dua peluang menggandakan skor. Akan tetapi tak ada yang berhasil. Sampai menit ke-45, papan skor tetap imbang. Tambahan waktu dua menit juga tak mengubah angka papan skor. Babak pertama berakhir dengan skor imbang 1-1.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement