Jumat 10 Aug 2018 21:15 WIB

Hari Pertama, Layanan Transportasi Media Telat 1 Jam

Dua mobil keluarga akhirnya dipakai demi mengangkut wartawan ke Stadion Patriot.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Sejumlah petugas kepolisian menjaga iring-iringan bus saat simulasi perjalanan kontingen peserta peserta Asian Games 2018 di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (4/8).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah petugas kepolisian menjaga iring-iringan bus saat simulasi perjalanan kontingen peserta peserta Asian Games 2018 di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (4/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelayanan transportasi media di hari pertama Asian Games 2018 belum maksimal. Bus angkutan yang mengangkut awak media dari JCC GBK Senayan Jakarta menuju Stadion Patriot di Bekasi telat, bahkan tak muncul hampir satu jam dari jadwal yang dijanjikan.

Alhasil, sebagian pewarta yang akan meliput sepak bola ke Bekasi, memilih menggunakan sarana transportasi daring berbayar dari Jakarta. Sebagian lain memilih tetap menunggu dan berharap bus pengangkut media tiba.

"Maaf ya. Ini masalahnya di pull. Busnya ada di Wisma Atlet Kemayoran. Mungkin kena macet di jalan," kata seorang penanggung jawab transportasi wartawan dari Inasgoc yang bertugas di JCC GBK, Jumat (10/8).

Kata dia, bus pelayanan Asian Games buat awak peliput sementara ini memang tak standby di kawasan GBK. Melainkan harus datang dari Wisma Atlet Kemayoran lalu ke GBK sebelum meluncur ke lokasi tanding.

Alhasil, setelah menunggu bus selama hampir satu jam, si penanggung jawab transportasi tersebut menyediakan dua mobil keluarga demi mengangkut wartawan ke Stadion Patriot. Ada enam media yang ikut dalam rombongan ini. Salah satunya Republika.co.id.

Awalnya, Inasgoc pada Kamis (9/8) menyampaikan tentang layanan bus pewarta yang akan meliput ke semua venue Asian Games. Keberangkatan bus tersentral di JCC GBK. Di hari pertama, Jumat (10/8), layanan bus akan mengangkut wartawan menuju Stadion Patriot yang menjadi lokasi tanding pertama Asian Games dari cabor sepak bola.

Di hari pertama Inasgoc menyediakan bus keberangkatan dalam empat kloter. Yakni pada pukul 13.00, 14.00, 15.00, dan 17.00 WIB. Empat kloter keberangkatan tersebut mengingat kick off pertama pertandingan tepat pada pukul 16.00 WIB. Republika.co.id bersama lima media lainnya, semula mengejar kloter dua pada pukul 14.00 WIB.

Namun sesampainya di JCC, Republika.co.id bersama beberapa media telat 10 menit. Bus kloter kedua, berangkat tepat waktu. Petugas dan relawan Inasgoc pun meminta media yang telat menunggu bus kloter ketiga. Akan tetapi, bus kloter ketiga sampai pada pukul 15.50 WIB tak muncul.

Sementara pertandingan sepak bola pertama yang mempertemukan Laos versus Hongkong untuk memulai penyisihan Grup A dimulai tepat pada pukul 16.00 WIB. Adapun jarak tempuh normal dari Jakarta menuju Patriot pada hari kerja tak kurang dari 60 menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement