Kamis 09 Aug 2018 16:20 WIB

Wisma Atlet Siap Dioperasikan Besok

Persiapan terus berlangsung di tempat peristirahatan para atlet.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Israr Itah
Situasi Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, yang tengah dipersiapkan untuk dapat dioperasikan pada Jumat (10/8).
Foto: Republika/Ronggo Astungkoro
Situasi Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, yang tengah dipersiapkan untuk dapat dioperasikan pada Jumat (10/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, dinyatakan siap 100 persen untuk dioperasikan mulai Jumat (10/8). Saat ini, persiapan terus berlangsung di tempat peristirahatan para atlet yang berlaga di Asian Games 2018 itu.

"Tidak ada masalah. Besok kita sudah mulai buka full 100 persen. Sudah (bisa ditempati)," ungkap Deputi I Inasgoc Harry Warganegara saat dihubungi, Kamis (9/8).

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, pihak pengelola Wisma Atlet Kemayoran terus bersiap. Sekitar pukul 13.30 WIB, terlihat para petugas yang membenahi kamar berlalu lalang di halaman yang dikelilingi tower-tower di Wisma Atlet.

Salah seorang petugas, Putri Isnaeni (19 tahun), menuturkan, persiapan tersebut ditargetkan selesai hari ini. Itu dilakukan agar semuanya sudah siap untuk digunakan pada esok hari. Ia dan rekan-rekannya membersihkan dan mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang ada di setiap kamar.

"Hari ini harus selesai. Kami bersihin kamarnya. Nanti dikasih linen juga (di setiap kamar)," tuturnya di sela perjalanan menuju suatu tower.

Selain Putri dan rekan-rekannya, terlihat di sekitar halaman tersebut satu panggung bertemakan Asian Games 2018. Tak jauh dari sana juga terdapat tempat khusus dengan latar belakang bertema Asian Games 2018 untuk tempat berfoto.

Rencananya, di lokasi tersebut nantinya akan dilaksanakan kegiatan penyambutan para kontingen tamu. Di sana juga terdapat banyak tiang untuk tempat bendera yang masih kosong.

"Nanti ada jadwalnya tanggal 15, 16, 17 (Agustus). Ada welcome ceremony. Semuanya disiapkan, pokoknya siap dilakukan," jelas Harry.

Setiap unit di Wisma Atlet memiliki dua kamar tidur, ruang tamu serta kamar mandi dan dapur serta ruang jemur. Berbagai fasilitas lain seperti untuk olahraga, parkir kendaraan yang cukup luas, kantin serta ruang terbuka pun sudah disediakan untuk menunjang pelaksanaan Asian games 2018.

Fasilitas lain yang disediakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai bentuk dukungan terhadap perhelatan Asian Games, yakni meja dan kursi tamu. Ada juga lemari pakaian serta tempat tidur plus AC pendingin di setiap kamar. 

Di kamar mandi pun sudah terpasang pemanas air serta ada ruang jemuran serta dapur di bagian belakang unit Rusun. Setiap unit rusun sudah dilengkapi dengan fasilitasnya. 

Kementerian PUPR membangun 10 tower rusun untuk wisma atlet di dua lokasi. Tujuh tower berisi 5.494 unit dengan daya tampung 16.482 orang di Blok D10 Kawasan Kemayoran, tepatnya di samping RS Mitra Keluarga Kemayoran.

Sisanya tiga tower dibangun di Blok C2 yang berlokasi sebelum pintu tol Ancol. Tiga tower tersebut terdiri dari 1.932 unit dengan daya tampung 5.796 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement