Kamis 09 Aug 2018 02:28 WIB

Kemenpar Buka Pusat Informasi Pariwisata di Bandara SMB II

TIC di Palembang merupakan yang terbesar dari di Bandara Soekarno Hatta

Rep: Maspril Aries/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Maskot Asian Games 2018 (Bhin-Bhin, Atung dan Kaka) yang terpasang di Bandara Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatra Selatan.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Maskot Asian Games 2018 (Bhin-Bhin, Atung dan Kaka) yang terpasang di Bandara Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatra Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Wistawan yang tiba di bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II jika ingin berwisata di Sumatera Selatan (Sumsel) atau di kota Palembang tidak perlu bingung lagi mencari informasi destinasi wisata di daerah ini.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kini membuka pusat informasi pariwisata atau Tourist Information Center (TIC) di terminal kedatangan bandara SMB II. TIC tersebut, Rabu (8/8) diresmikan Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan didampingi Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Pejabat Wali Kota Palembang Akhmad Najib.

“Keberadaan Tourist Information Center  ini sebagai informasi awal mengenai pariwisata kita kepada wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik saat pertama kali menginjakkan kaki di Palembang,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya. 

Menurut Menteri Arief Yahya, kehadiran Tourist Information Center yang diresmikan bersamaan dengan waktu pelaksanaan Asian Games XVIII memiliki nilai manfaat bagi pariwisata Indonesia.

Menteri Pariwisata optimis, Asian Games XVIII akan menjadi perhatian banyak wisatawan karena jutaan pasang mata akan tertuju ke Indonesia. “Ada sekitar 30 persen dari 170 ribu wisatawan lokal dan mancanegara akan mengunjungi Palembang saat pesta olahraga se-Asia ini,” ujarnya.

Khusus di Palembang diperkirakan, sekitar 50 ribu wisatawan mancangera dan wisatawan akan mengunjungi ibu kota Provinsi Sumatera Selatan yang menjadi tempat pelaksanaan pesta olahraga 45 negara Asia bersama Jakarta. “Ini benar-benar kesempatan kita untuk lebih memperkenalkan destinasi Indonesia ke mancanegara,” kata Arief  Yahya.

Kemenpar Arief Yahya menjelaskan, Tourist Information Center di Palembang merupakan yang terbesar dari yang sudah ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta.

Arief Yahya mengharapkan,  kehadiran Tourist Information Center di Bandara SMB II dan momentum Asian Games XVIII dapat mendukung promosi pariwisata di Sumsel dan Indonesia sehingga dapat mendukung program “Wonderful Indonesia” untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Sementara itu menurut Wali Kota Palembang Akhmad Najib, keberadaan Tourist Information Center  di bandara SMB II akan membantu setiap tamu atau wisatawan yang datang ke Palembang dengan memberikan informasi terkait destinasi wisata dan kebutuhan lainnya. 

“Sekarang setiap tamu yang baru mendarat di Palembang bisa langsung berkunjung ke sini untuk bertanya tentang destinasi wisata, hotel, kuliner, dan kebutuhan lainnya. Ada petugas dari Dinas Pariwisata yang akan melayani mereka,” kata Akhmad Najib. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement