Selasa 07 Aug 2018 15:13 WIB

PLN Pastikan Listrik Selama Asian Games Aman

PLN memperhatikan critical point dari masing-masing venue di Asian Games.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Pekerja melakukan persiapan jelang pertandingan sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (6/8).
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Pekerja melakukan persiapan jelang pertandingan sepak bola Asian Games 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (6/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Barat (Jabar) memastikan pasokan listrik selama gelaran Asian Games 2018 di seluruh venue yang berada di Jawa Barat aman. Kepala Divisi Operasi Regional Jawa Bagian Tengah Purnomo, mengatakan PLN Distribusi Jawa Barat juga menyiapkan 395 personel yang akan mulai siaga pada 8 Agustus hingga 2 September 2018.

"Untuk menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, PLN mengalokasikan anggaran investasi sebesar Rp 41,55 miliar dan anggaran operasional sebesar Rp 1,04 miliar," ujar Purnomo usai melaksanakan Apel Kesiapan Pasokan Listrik dan Petugas, djStadion Pakansari Bogor, Selasa (7/8).

Menurut Purnomo, anggaran investasi tersebut digunakan untuk peningkatan keandalan sistem pasokan listrik yaitu dengan pengadaan UPS di venue Stadion. Total kapasitasnya, 1880 kVA, pemasangan UGB untuk masing masing venue sebanyak 11 UGB, pengadaan dan pemasangan genset dengan total kapasitas 1140 kVA, penarikan JTR, dan lainnya.

Sedangkan anggaran operasional, kata dia, akan digunakan untuk pengadaan 20 posko siaga, kendaraan, crisis center dan sarana lainnya. “Intinya PLN sudah sangat siap menjadi bagian penting dari sejarah penyelenggaraan Asian Games 2018,” kata Purnomo.

Sementara menurut Manajer Distribusi PLN Distribusi Jawa Barat Agus Kuswardoyo, pihaknya sangat memperhatikan critical point dari masing-masing venue, karena setiap venue punya karakteristik teknis yang berbeda-beda. Namun pada intinya, pihaknya sudah mengevaluasi dan menyatakan kesiapannya untuk memenuhi kebutuhan listrik pada pelaksanaan setiap pertandingan.

”Secara korporasi, PLN sangat berkomitmen untuk menyukseskan pelaksanaan Asian Games 2018 dengan menyediakan pasokan listrik yang andal. Kita sudah berkoordinasi baik secara internal maupun dengan pihak eksternal,” katanya.

Untuk diketahui, jumlah pertandingan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jawa Barat terdiri dari lima cabang olah raga dengan total venue sebanyak 10 venue serta 16 lokasi penginapan (hotel) atlit yang  tersebar di sembilan Area.

Adapun venue yang dimaksud antara lain Stadion Wibawa Mukti  Bekasi (Sepakbola), Stadion Pakansari Bogor (Sepakbola), Stadion Patriot Candrabhaga (Sepakbola), Jalan Raya KBB-PWK-SUB-KBB (Road Race Bike), Bendungan Rentang Sumedang (Kayak/Canoe), Stadion Si Jalak Harupat Kab. Bandung (Sepak Bola), Gunung Mas (Paragliding), Pasir Umbul (Paragliding) dan Khe Bun Hill (Mountain Bike).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement