Ahad 05 Aug 2018 19:10 WIB

Menteri Puan Lepas Kontingen Indonesia untuk Asian Games

Pengukuhan ini dilaksanakan lewat upacara di Istora, Senayan, Jakarta, Ahad (5/8).

Rep: Febrian Fachri / Red: Israr Itah
Menko PMK Puan Maharani.
Foto: Kemenko PMK
Menko PMK Puan Maharani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani resmi mengukuhkan kontingen Indonesia yang akan bertanding di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Pengukuhan ini dilaksanakan lewat upacara di Istora, Senayan, Jakarta, Ahad (5/8). 

Pelantikan ini dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua Komite Olimpiade Indonesia sekaligus Ketua Inasgoc Erick Thohir, Chef de Mission (CdM) atau Ketua Kontingen Indonesia Syafruddin, dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman. Upacara ini juga diikuti ratusan perwakilan atlet Indonesia dari berbagai cabang olahraga.

"Dengan ini saya kukuhkan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018," kata Puan saat meresmikan.

Puan menyampaikan selamat berjuang kepada semua atlet yang akan membawa nama negara dan bangsa pada Asian Games nanti. Ia menegaskan, masyarakat Indonesia akan memberikan dukungan dan doa supaya para atlet bisa mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di podium kemenangan.

Politikus PDIP itu menyebut Indonesia harus memanfaatkan kesempatan meraih banyak prestasi. Karena selain peserta, Indonesia adalah tuan rumah Asian Games 2018. Asian Games ke-18 ini, kata Puan, adalah penantian 56 tahun Indonesia kembali menjadi tuan rumah Asian Games. Pertama kali Indonesia menjadi tuan rumah pada 1962 silam. 

Puan yakin Indonesia akan mampu bersaing dengan negara-negara penantang lain di arena Asian Games. Ia percaya kalau tim dari seluruh pengurus cabang olahraga Indonesia telah lama mempersiapkan atlet dengan mencari bakat dan latihan  keras dalam waktu yang lama. Puan mengetahui perjuangan atlet tidak mudah untuk latihan mulai dari pelatnas sampai uji tanding di berbagai turnamen tingkat nasional sampai tingkat dunia.

Selain mengharapkan prestasi dari atlet Indonesia, Puan juga menginginkan Indonesia sukses menjadi tuan rumah penyelenggara. Saat ini, kata Puan, Indonesia sudah mulai didatangi oleh atlet-atlet dari negara peserta. Ia mencatat Asian Games kali ini akan diikuti oleh 17 ribu atlet dari 45 negara peserta.

"Saya yakin, Indonesia akan berprestasi. Sukses timnya, sukses jadi tuan rumah," ujar Puan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement