Jumat 03 Aug 2018 17:24 WIB

Arena 5 Cabor Asian Games di Jabar Sudah Siap 100 Persen

Iwa berharap penyelenggaraan AG 2018 tak menghambat kegiatan warga pada Idul Adha.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Endro Yuwanto
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa meninjau Stadion Si Jalak Harupat yang tengah direnovasi, Kamis (24/5). Stadion akan digunakan untuk perhelatan Asian Games 2018.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa meninjau Stadion Si Jalak Harupat yang tengah direnovasi, Kamis (24/5). Stadion akan digunakan untuk perhelatan Asian Games 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persiapan arena lima cabang olah raga (cabor) untuk Asian Games 2018 di Jawa Barat (Jabar) sudah mencapai 100 persen. Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa menyatakan, saat ini kelima arena tersebut siap digunakan untuk menggelar pertandingan.

Iwa menjelaskan, empat arena di Jabar akan digunakan untuk cabang olahraga sepak bola. Yakni Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Pakansari di Kabupaten Bogor, Patriot di Kabupaten Bekasi, dan Stadion Wibawamukti di Kabupaten Karawang.

"Untuk sepak bola, perkembangannya sudah 100 persen. Sekarang lebih bagaimana keindahannya ditata," ujar Iwa seusai menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka Pengamanan Asian Games XVIII 2018 di Lapangan Gasibu, Jumat (3/8).

Iwa mengatakan, empat arena untuk sepak bola sudah beres. Termasuk untuk tempat latihannya. Untuk cabang olah raga balap sepeda atau road race, rute sepanjang 145 kilometer yang melintasi Purwakarta, Subang, dan Karawang, sudah siap 100 persen. Pengaturan lalu lintas tinggal dilakukan saat pertandingan berjalan."Selama ini Kapolda Jabar sudah mengatur jam untuk pertandingan, digunakan selama tiga jam. Tapi tiga jam sebelum dan sesudahnya juga sudah diatur," jelasnya.

Sedangkan, untuk cabang olah raga paragliding, kata Iwa, akan diselenggarakan di Puncak, Kabupaten Bogor. Persiapannya, sudah 100 persen. Jalan aksesnya pun sudah bisa digunakan dengan nyaman pada saat pertandingan.

Selanjutnya, kata Iwa, persiapan untuk cabang olah raga kano slalom di Bendung Rentang di Kabupaten Majalengka, sudah mencapai 100 persen. Termasuk persiapan mobilisasi atlet dan official, serta pemeriahan oleh berbagai produk unggulan UMKM.

Perbaikan jalan di Subang untuk cabang olah raga sepeda gunung pun sudah mencapai 100 persen. Perbaikan jalan aksesnya dilakukan menggunakan dana CSR dari Bank BJB. "Secara keseluruhan untuk persiapan Asian Games di Jabar, alhamdulillah selesai 100 persen. Sekarang tinggal persiapan api obor Asian Games," kata Iwa.

Iwa melanjutkan, tadi pagi ia sudah rapat untuk persiapan di Kota Bandung, termasuk Gedung Sate, dan ada beberapa kabupaten dan kota lain ikut terlibat. Di bawah koordinasi Dinas Pariwisata dan Budaya Jabar, rencana perjalanan api obor Asian Games 2018 berjalan baik dan dikoordinasikan bersama Inasgoc dan sejumlah sponsor. "Diusahakan, khususnya di Kota Bandung, lebih unik dibandingkan kota lainnya. Rutenya secara teknis dari Inasgoc," katanya.

Iwa berharap penyelenggaraan Asian Games 2018 tidak menghambat kegiatan warga pada Idul Adha. Kedua kegiatan tersebut bisa berjalan bersamaan dengan sejumlah penyesuaian di kawasan yang menggelar pertandingan, seperti di arena balap sepeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement