Kamis 02 Aug 2018 19:44 WIB

Jokowi: Fasilitas dan Venue Asian Games Siap Digunakan

Jokowi mengatakan, akan mulai mengecek kesiapan atlet esok hari.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Endro Yuwanto
Presiden RI Joko Widodo meninjau kawasan Bundaran HI dan melintasi pelican crossing di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, didampingi Menteri PUPR RI Basoeki Hadimoeljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (2/8).
Foto: Republika/Farah Nabila Noersativa
Presiden RI Joko Widodo meninjau kawasan Bundaran HI dan melintasi pelican crossing di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, didampingi Menteri PUPR RI Basoeki Hadimoeljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (2/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau persiapan jalur pedestrian menjelang pelaksanaan Asian Games 2018. Tak hanya jalur pedestrian di sepanjang Jalan Jenderal Soedirman, ia juga mengecek pelican crossing atau lampu lalu lintas bagi pejalan kaki di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang baru saja dipasang untuk menggantikan jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dirobohkan.

Menurut Jokowi, keputusan untuk merobohkan JPO tersebut sudah tepat lantaran dapat mengganggu estetika. Selain itu, ia juga menilai fasilitas pelican crossing akan lebih memudahkan masyarakat untuk menyeberang.

"Saya melihat dari sisi estetika jembatan penyeberangan orang, kalau di sini secara estetika ganggu. Kalau nggak ada kan, waaah ... lebih cantik, lebih indah Bundaran HI ini bisa kita lihat," ujar Jokowi seusai meninjau jalur pedestrian, Kamis (2/8).

Jokowi pun mendukung adanya fasilitas pelican crossing. Selain mengecek persiapan jalur pedestrian, Jokowi yang didampingi Menteri PU-PR Basuki Hadimuljono serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengecek kebersihan kota dan juga beberapa venue yang ada di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

Jokowi memastikan, fasilitas-fasilitas itu pun telah siap digunakan. "Iya, ini ngecek persiapan, terutama infrastruktur kota fasilitas-fasilitas pejalan kaki, kemudian yang berkaitan dengan kebersihan kota dan juga venue-venue yang ada di GBK," kata dia.

Sementara itu, terkait sejumlah fasilitas yang belum selesai diperbaiki, Jokowi menjamin pemerintah akan melanjutkan pembenahan fasilitas-fasilitas tersebut setelah Asian Games berlangsung. "Ya, kalau ada yang belum selesai, memang ini pekerjaan besar, jadi akan dilanjutkan lagi setelah Asian Games," ujarnya menjelaskan.

Terkait dengan persiapan para atlet yang akan mengikuti pertandingan, Jokowi mengatakan akan mengecek kesiapan atlet mulai esok hari. Ia juga memastikan, target medali yang diraih oleh Indonesia tidak akan berubah, yakni harus bisa membawa Indonesia masuk 10 besar klasemen.

Sedangkan, persiapan fasilitas dan venue di Palembang, Jokowi juga memastikan hampir mencapai 100 persen. Kekurangan-kekurangan yang ada, lanjutnya, akan selesai dalam dua hari ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement