Kamis 26 Jul 2018 22:32 WIB

Sandiaga: Indonesia akan Jadi Tuan Rumah AG Terbaik

Asian Games Indonesia akan sangat berbeda dibanding Asian Games yang sudah berlalu.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno berbicara dalam peluncuran stiker aman saji Asian Games 2018.
Foto: Diskominfotik DKI
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno berbicara dalam peluncuran stiker aman saji Asian Games 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno percaya diri Asian Games 2018 akan tercatat dalam tinta emas sejarah penyelenggaraan Asian Games. Ia menyebut Asian Games Indonesia akan jadi penyelenggaraan terbaik sepanjang sejarah.

"Banyak pernyataan Rusia tahun ini menjadi penyelenggara Piala Dunia terbaik sepanjang sejarah. Indonesia juga akan demikian. Akan menjadi penyelenggara tersukses sepanjang sejarah Asian Games," kata Sandi di Hall Putri Duyung, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (26/7).

Asian Games, kata Sandi, adalah pesta olahraga terbesar kedua dunia setelah Olimpiade. Untuk itu, lanjut dia, Indonesia harus memanfaatkan momentum yang tidak akan datang setiap tahun.

Sandi menyebutkan Asian Games Indonesia akan sangat berbeda dibandingkan Asian Games yang sudah berlalu. Biasanya Asian Games seperti di Korea Selatan, Qatar, dan lain-lain hanya diselenggarakan di satu kota.

Tapi di Indonesia, kata Sandi, Asian Games akan diadakan di dua kota penting, yakni Jakarta dan Palembang. Bahkan kalau dihitung total ada empat provinsi yang terlibat yaitu DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat, dan Banten.

Menurut Sandi, yang akan jadi pembeda adalah Indonesia begitu kaya dengan keragaman budaya, produk lokal, dan potensi wisata dunia. Untuk itu, publik mancanegara bisa mendapatkan banyak hal lain di luar pesta olahraga di Asian Games Indonesia. Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam Indonesia, merasakan berbagai kuliner, dan produk-produk khas Indonesia.

Satu lagi yang sangat menentukan kesuksesan Asian Games di Indonesia adalah penyelenggaraan pesta pembukaan dan penutupan Asian Games yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan. Nantinya, di pembukaan dan penutupan akan menghadirkan peragaan budaya, seni asli Indonesia yang juga dimeriahkan dengan penampilan seniman-seniman terbaik Indonesia.

Kemudian, publikasi Asian Games Indonesia yang masif di seluruh dunia juga akan menambah kemeriahan. Indonesia menargetkan Asian Games 2018 ini akan menyedot sebanyak 5 miliar penonton dari seluruh dunia. "Sukseskan Asian Games, majukan ekonomi kita," ujar Sandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement