Ahad 01 Jul 2018 14:00 WIB

AP II: Bandara Internasional Siap Sambut Asian Games 2018

AP II menyebutkan kesiapan sarana dan prasarana telah menyampai 95 peren

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Warga melintasi salah satu bagian kampung yang telah dihiasi dengan warna warni logo Asian Games di Kampung Cempaka Bukit Kecil Palembang,sumsel, Ahad (24/6).
Foto: Antara/Feny Selly
Warga melintasi salah satu bagian kampung yang telah dihiasi dengan warna warni logo Asian Games di Kampung Cempaka Bukit Kecil Palembang,sumsel, Ahad (24/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- PT Angkasa Pura II menyatakan kesiapan infrastruktur, sarana dan prasarana di dua bandara internasional untuk menyambut Asian Games 2018 telah mencapai 95 persen. AP II sebagai yang merupakan Official Supplier Sponsor Asian Games 2018 mendorong kesiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Jakarta) dan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) sambut Asian Games 2018.

“Infrastruktur selesai, dan fasilitas 95 persen selesai. Hanya tinggal beberapa penyelesaian di Palembang pada awal bulan ini,” ujar Direktur Operasional dan Teknik Angkasa Pura II Djoko Muratmodjo di Palembang, Ahad (1/7).

Menurutnya, para petugas bandara di terminal 2 dan 3 akan menyambut kedatangan seluruh atlet, ofisial, delegasi, supporter, jurnalis, dan perangkat lainnya dari 45 negara peserta Asian Games 2018. Bandara ini telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas transportasi yang mumpuni antara lain kereta api bandara yang operasikan Railink sebagai akses dari dan menuju pusat kota Jakarta dan venue Asian Games 2018. Serta fasilitas Skytrain atau automated people mover system yang memudahkan perpindahan penumpang antarterminal.

Sedangkan di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, saat ini tengah dilakukan pengembangan terminal guna peningkatan kenyamanan dan pelayanan bagi pengguna jasa.

Eksekutif General Manajer Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Bayuh Iswantoro mengatakan kapasitas terminal nantinya dapat mengakomodir pergerakan penumpang sebanyak 4 juta per tahun, dengan penambahan menjadi 46 konter check-in. Di sisi udara, apron juga dipersiapkan nantinya untuk dapat menampung hingga 15 unit pesawat agar operasional penerbangan dapat berjalan lancar.

“Selain itu untuk mempermudah akses dari dan menuju pusat kota Palembang, Bandara Internasional SMB II juga akan diintegrasikan dengan angkutan berbasis rel yakni Light Rapid Transit atau LRT yang direncanakan akan rampung Juli 2018,” tutur dia.

Di samping penyiapan fasilitas secara fisik, perseroan juga akan mempersiapkan beberapa fasilitas digital yaitu way-finding kiosk, digital signage dan digital advertising display. Hal ini untuk menunjang kelancaran proses ketibaan para atlet, ofisial, dan delegasi di kedua bandara tersebut.

VP Corporate Communication Angkasa Pura II Yado Yarismano menambahkan layanan digital tambahan juga dapat digunakan melalui aplikasi mobile Indonesia Airports,di mana dalam aplikasi tersebut direncanankan akan terdapat fitur seperti Schedule & Results, Records, dan Medalsyang akan memberikan jadwal, update, hasil pertandingan, dan klasemen perolehan medali dari seluruh pertandingan yang telah diselesaikan.

“Para pengguna dapat berpartisipasi dalam fitur Asian Games Quiz dengan cara menjawab seluruh pertanyaan dengan benar. Di aplikasi tersebut, juga direncanakan fitur Asian Games Video yang dapat diakses oleh pengguna aplikasi untuk menikmati seluruh video dan hal-hal terbaru dari Asian Games 2018,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement