Waktu Terbaik Donor Darah Saat Puasa Ramadhan

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 21 Apr 2021 21:37 WIB

Waktu Terbaik Donor Darah Saat Puasa Ramadhan. Foto: Donor darah (ilustrasi) Foto: Republika/Adhi Wicaksono Waktu Terbaik Donor Darah Saat Puasa Ramadhan. Foto: Donor darah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Widya Astriyani mengajak masyarakat untuk mendonorkan darah di bulan Ramadhan. Namun demikian, terdapat waktu tertentu yang dianjurkan agar para pendonor tetap sehat serta bugar meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa.

"Idealnya kalau ingin mendonorkan darah selama bulan Ramadhan bisa di pagi hari atau di sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Hal tersebut, agar pendonor tidak lemas dan tetap sehat," ujar Widya di Kantor PMI Kota Depok, Rabu (21/4).

Baca Juga

Dia berharap, masyarakat bisa meningkatkan kesadaran untuk membantu sesama dengan mendonorkan darah ke PMI Kota Depok. Dikatakannya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa yang menyebutkan donor darah tidak membatalkan puasa.

"Bentuk sedekah bukan hanya materi, tetapi bisa juga dengan meningkatkan kepedulian sesama, contohnya sumbang darah. MUI juga sudah buat fatwa bahwa donor tidak membatalkan puasa, seharusnya itu yang menjadi landasan untuk donor di bulan puasa. Hanya mungkin, waktunya saja yang diatur," pungkasnya.