Selasa 13 Apr 2021 20:32 WIB

Jangan Sikat Gigi Setelah Minum 4 Jenis Minuman Ini

Menyikat gigi setelah minum empat jenis minuman ini bisa merusak enamel gigi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Menyikat gigi setelah minum empat jenis minuman ini bisa merusak enamel gigi.
Foto: PxHere
Menyikat gigi setelah minum empat jenis minuman ini bisa merusak enamel gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lupa menyikat lidah dan gigi, atau menyikat gigi terlalu keras, atau tidak pernah mengganti sikat gigi, merupakan hal-hal yang bisa merusak enamel atau lapisan terluar gigi. Namun, selain itu, lagi kesalahan yang bisa menyebabkan kerusakan serius pada gigi, yakni menyikat gigi setelah minum beberapa jenis minuman.

Seperti dilansir dari laman Best Life, Selasa (13/4), sebaiknya tidak menyikat gigi setelah minum kopi, jus jeruk, soda, atau air dengan jeruk. Keempat minuman ini sangat asam dan dapat merusak enamel gigi.

Baca Juga

"Jika menyikat gigi dilakukam dalam waktu satu jam setelah mengonsumsi salah satu minuman ini, maka dapat menyebabkan erosi enamel," ujar Madison Kaplan, ahli kebersihan gigi terdaftar di California.

Meskipun enamel adalah salah satu struktur tubuh yang paling keras, paling mirip dengan kandungan kalsium di tulang kita, tindakan fisik menyikat dapat melemahkan struktur gigi. Bulu sikat menggosokkan asam ke enamel gigi yang keropos sehingga dapat menyebabkan kerusakan permanen seiring waktu.

Menyikat gigi segera setelah minum minuman asam juga akan merusak enamel. Menurut Colgate, Enamel melindungi bagian dalam area gigi yang lebih rapuh yang dikenal sebagai dentin dan pulpa. Ini adalah garis pertahanan pertama dan terpenting melawan kerusakan gigi. 

Jika enamel rusak, maka dapat mengembangkan gigi berlubang, sensitivitas suhu, dan bahkan infeksi gigi. Namun, apabila ingin menyikat gigi setelah minum keempat minuman tersebut, American Dental Association (ADA) merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 60 menit. 

Pada 2004, sebuah penelitian penting yang diterbitkan di National Library of Medicine menemukan bahwa gigi dapat lebih terlindungi jika orang tidak menyikat gigi hingga 30 sampai 60 menit setelah serangan erosif.

"Semakin banyak Anda mengeluarkan makanan dan bakteri , semakin optimal kesehatan mulut yang akan Anda capai," kata Kaplan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement