Ahad 11 Apr 2021 18:35 WIB

Peti Pangeran Philip akan Dibawa Mobil Land Rover

Pangeran Philip akan dimakamkan Sabtu 17 April.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang pria membawa bunga ke Istana Buckingham setelah Pangeran Philip dari Inggris, suami Ratu Elizabeth, meninggal pada usia 99 tahun, di London, Inggris, 9 April 2021.
Foto: REUTERS/HENRY NICHOLLS
Seorang pria membawa bunga ke Istana Buckingham setelah Pangeran Philip dari Inggris, suami Ratu Elizabeth, meninggal pada usia 99 tahun, di London, Inggris, 9 April 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pangeran Charles meminta agar peti mati ayahnya, Duke of Edinburgh dibawa dengan Land Rover pada acara pemakaman Sabtu, 17 April mendatang. Land Rover yang dimodifikasi khusus yang membawa Duke of Edinburgh akan diapit oleh pembawa peti mati yang ditarik dari Royal Marines atau Angkatan Laut Kerajaan saat mengangkut peti mati.

Pangeran Philip memiliki peran dalam desain kendaraan tersebut dan selalu menginginkan mobil itu dilibatkan dalam pemakamannya, kata seorang ajudan senior.

Baca Juga

"Ayahku tersayang adalah orang yang sangat istimewa yang menurutku di atas segalanya akan kagum dengan reaksi dan hal-hal menyentuh yang telah dikatakan tentang dia," kata Pangeran Charles, dilansir di The Guardian, Ahad (11/4).

Pangeran Harry Duke of Sussex mengonfirmasi bahwa dia akan melakukan perjalanan dari California, AS, untuk hadir. Namun istri Pangeran Harry, Meghan, yang sedang hamil, tidak akan hadir atas saran dokternya, menurut juru bicara istana.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson tidak akan menghadiri pemakaman. Sebab, pemakaman ini hanya dihadiri 30 orang. Hal ini untuk memungkinkan sebanyak mungkin anggota keluarga kerajaan dapat hadir, mengingat pembatasan virus corona.

Sejak tengah hari Sabtu (10/4), prajurit menembakkan 41 peluru di kota-kota termasuk London, Edinburgh, Cardiff, dan Belfast, serta dari kapal perang Angkatan Laut Kerajaan di laut. Di mulut Mediterania, resimen Kerajaan Gibraltar juga ikut memberi hormat.

Pemerintah Inggris memastikan masa berkabung nasional akan terus berlanjut hingga setelah pemakaman. Secara terpisah, Ratu telah memutuskan bahwa masa berkabung kerajaan selama dua minggu akan dilakukan oleh anggota keluarga kerajaan, yang akan melakukan kegiatan yang sesuai sambil mengenakan pita duka hitam.

Pemakaman hari Sabtu (17/4), yang diumumkan oleh Istana Buckingham pada hari Sabtu (10/4), akan dibatasi sepenuhnya di Kastil Windsor, setelah prosesi seremonial delapan menit di dalam halaman kastil.

Tidak akan ada akses publik untuk pemakaman, meskipun layanan dan prosesi singkat akan disiarkan di televisi. Doa di Kapel St George, akan dimulai pada pukul 3 sore dan akan dimulai dengan mengheningkan cipta nasional selama satu menit.

Dari seluruh dunia, penghormatan mengalir sepanjang hari untuk Duke yang melakukan ratusan kunjungan ke luar negeri termasuk 229 perjalanan ke 67 negara Persemakmuran.

Di antara mereka yang mengirimkan duka cita mereka adalah raja dan ratu Spanyol, Raja Felipe dan Ratu Letizia, yang mengirim telegram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement