Kamis 08 Apr 2021 23:50 WIB

Pentingnya Memilih Teman

Pilihlah teman yang memenuhi tiga kualitas, yakni cerdas, karakter baik, dan benar.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Berteman (Ilustrasi)
Foto: The Guardian
Berteman (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Agar tidak terjerumus dalam keburukan, memilah teman itu penting. Teman harus membawa kita selalu dalam kebaikan. Jika Anda mencari teman, pilihlah yang memenuhi tiga kualitas, yakni cerdas, karakter baik, dan benar.

Dilansir About Islam, Kamis (8/4), teman yang cerdas terkadang lebih baik daripada teman yang bodoh. Sebab, banyak kerugian jika berteman dengan seseorang yang tidak begitu cerdas. Selain kecerdasan, karakter juga sangat penting.  Pilihlah teman yang memiliki karakter baik. Jangan berteman dengan seseorang yang tidak bisa menahan amarahnya, mengendalikan keinginannya, dan yang pembohong.

Terakhir, jangan berteman dengan seseorang yang terus melakukan kesalahan besar. Karena melihat itu secara teratur bisa membuat perbuatan salah seolah menjadi tidak penting. Jaga pertemanan Anda sebaik mungkin.

Pertemanan terbagi seperti tiga hal ini:

1. Makanan

Selayaknya makanan, seseorang tidak bisa hidup tanpanya. Pertemanan yang baik akan selalu ada dan mendukung kita untuk mencapai surga Allah. Semoga perteman Anda berlanjut sampai di akhirat.

2. Obat

Kedua, pertemanan bisa digambarkan seperti obat. Seseorang membutuhkannya dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, demi dunia dan akhirat, cari teman yang memiliki karakter baik.

3. Penyakit

Terakhir, pertemanan bisa seperti penyakit. Tidak pernah dibutuhkan tapi terkadang ada. Terkadang ada teman yang mengambil keuntungan saja dari kita dan ada yang tidak. Jika merasakan itu, cari pertolongan kepada Allah dan terus memperbaiki diri.

Ketahuilah, Anda bertanggung jawab untuk membela, membantu, dan memaafkan kesalahan teman Anda. Singkatnya, Anda harus berperilaku sama seperti perilaku teman Anda kepada Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement