Selasa 30 Mar 2021 17:07 WIB

Larangan Mudik Berpeluang Dorong Staycation

Larangan mudik bisa jadi peluang bagi hotel.

Larangan Mudik Berpeluang Dorong Staycation.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Larangan Mudik Berpeluang Dorong Staycation.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Anton Sumarli mengatakan imbauan pemerintah yang melarang masyarakat mudik tahun bisa jadi peluang meningkatkan staycation atau berlibur di hotel.

"Tentunya larangan mudik ini akan membuka peluang bagi hotel untuk mendapatkan sales volume dengan opsi staycation dari masyarakat," kata Anton kepada Antara, Selasa (30/3).

Baca Juga

Di sisi lain, larangan berlibur akan mempengaruhi para operator wisata di berbagai daerah, termasuk pulau Bali yang betul-betul bergantung kepada wisatawan. "Kita berharap libur Lebaran boleh dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat seperti PCR dan lain sebagainya," ujarnya.

Sebelumnya, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menerima imbauan larangan mudik oleh pemerintah, tapi di sisi lain berharap pemerintah membantu pelaku di industri wisata agar arus kas bisa tetap berjalan lancar dengan intervensi dan dana stimulus. Biro perjalanan daring tiket.com juga mendukung dan menghormati keputusan pemerintah demi memprioritaskan keselamatan dan kesehatan masyarakat Indonesia.

 

Pemberlakuan larangan mudik berlaku pada 6-17 Mei 2021 bagi seluruh masyarakat, termasuk aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri, karyawan swasta maupun pekerja mandiri. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meminta masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak melakukan mudik pada momentum libur Lebaran tahun ini guna menekan penyebaran Covid-19.

"Soal mudik, Kemenparekraf akan mendukung secara penuh keputusan pemerintah yang melarang mudik di 2021," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam "Weekly Press Briefing", Senin (29/3).

Sandiaga menjelaskan larangan mudik diambil pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19 di tengah pergerakan masyarakat yang besar dalam waktu bersamaan. Meski di sisi lain ia mengakui momen libur Lebaran telah dinanti para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendulang peluang. Masyarakat tetap dapat mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan memilih destinasi yang ada di sekitar dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement