Ahad 28 Mar 2021 17:40 WIB

Kisah Nabi Musa dan Firaun di Alquran

Alquran memuat kisah Nabi Musa dan Firaun.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Kisah Nabi Musa dan Firaun di Alquran. Foto:  Maghaer Shuaib Tempat Nabi Musa Pernah Tinggal
Foto: Arab News
Kisah Nabi Musa dan Firaun di Alquran. Foto: Maghaer Shuaib Tempat Nabi Musa Pernah Tinggal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kisah nabi Musa dan nabi Harun berulang kali diceritakan dalam Alquran. Misalnya tentang komunikasi antara nabi Musa dan nabi Harun dengan Fir'aun, bagaimana kedua nabi ini berdialog dengan bani Israil dan lainnya. Pakar tafsir Alquran yang juga dosen Quranic Studies UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ustaz Syahrullah Iskandar menjelaskan kurang lebih ada 20 surat yang membahas kisah dua nabi itu. Di antara surat yang membahas secara rinci semisal dalam surat Al Baqarah, Al A'raf, As Syu'ara dan Al Qashas.

Secara Nasab, nabi Musa bersambung ke nabi Ibrahim. Yakni Musa bin Imran bin Yashur bin Mahits bin Lawiy bin Yaqub bin Ishaq bin Ibrahim. Ia lahir pada abad ke-13 atau Sebelum Masehi (SM). Nabi Musa lahir di Mesir yang kala itu dikuasai dinasti Fir'aun. Ada dua Firaun yang terkait dalam kisah nabi Musa dan nabi Harun yaitu adalah Ramses II dan Merneptah yang juga anak Ramses II. 

Baca Juga

Nabi Musa tersebut di dalam Alquran lebih dari seratus kali. Kesabaran nabi Musa dalam menerima ujian Allah baik dalam menghadapi kaumnya maupun tantangan menghadapi Firaun menunjukkan keistimewaannya. 

Ustaz Syahrullah menjelaskan wafatnya nabi Musa itu pada masa di mana Allah menguji bani Israil di gunung Sina. Allah menyeru pada nabi Musa untuk lebih dekat pada Baitul Muqadash, dan nabi Musa juga memohon pada Allah agar di akhir hidupnya berada di Baitul Muqadash, Allah pun mengijabahnya. Keterangan ini pun dapat ditemukan dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah yang ada dalam kitab sahih Bukhari dan Muslim. 

Sementara nabi Harun adalah saudara nabi Musa se-Ibu. Meski ada yang berpendapat bahwa nabi Harun adalah saudara se-Ayah dan se-Ibu. Usia nabi Harun usianya sekitar tiga tahun lebih tua dari nabi Musa. Nabi Musa bermunajat kepada Allah agar saudaranya Harun dijadikan seorang nabi. Meskipun Allah telah mempersiapkan nabi Harun sebagai seorang nabi. Nabi Harun lebih dulu wafat dari nabi Musa. 

Dalam ayat 4 surat Al Qashas menjelaskan tentang karakteristik perbuatan Firaun. Bahwa Firaun itu melakukan sesuatu perbuatan yang buruk. Yaitu merasa dirinya menjadi penguasa mutlak.  Dalam surat An naziat ayat 24: 

فَقَالَ أَنَا رَبُّكُمُ الْأَعْلَى

(Seraya) berkata: "Akulah tuhanmu yang paling tinggi

Menurut ustaz Syahrullah ayat ini kata rabbukum yang dimaksud Firaun bukanlah Tuhan pencipta, atau Tuhan yang harus disembah. Tetapi Tuhan yang berarti dia (Firaun) penguasa, dia yang mengatur kehidupan rakyatnya, dia harus dipatuhi. 

"Karena tidak ada riwayat dalam sejarah pun yang menceritakan bahwa Firaun itu menyuruh dirinya disembah. Firaun pun tidak menyatakan dirinya harus disembah. Dia cuma menyatakan dirinya ini penguasa, dia (Firaun) menyatakan dirinya bahwa dia harus dilaksanakan apa maunya, dan dia yang mengatur dan menentukan nasib rakyatnya karena dia penguasa.  Jadi Firaun bersifat sombong di sini menganggap dirinya penguasa mutlak sehingga tidak menerima kritikan dan masukan apapun, apa yang diinginkan itulah yang terjadi," kata ustaz Syahrullah dalam kajian virtual yang diselenggarakan Nasaruddin Umar Office pada Sabtu (27/3) malam. 

Sebagaimana sosok Ramses II  yang bermimpi melihat api dari baitul maqdish dan membakar segala kekuasaannya yang kemudian ditakwilkan orang kepercayaannya bahwa akan ada bayi laki-laki yang datangnya dari Baitul Maqdis yang setelah besar akan menghancurkan kekuasaan Firaun. Atas dasar inilah Ia memerintahkan pasukannya untuk membunuh setiap bayi laki-laki di wilayah kekuasaannya. 

Firaun kemudian menjadikan rakyatanya terpecah belah. Karena memaksakan kehendaknya pada rakyatnya. Yang tidak mengikuti kehendaknya maka mendapatkan hukuman darinya.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement