Selasa 23 Mar 2021 20:26 WIB

50 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Sulut

Caksin akan digunakan pada penyuntikan dosis pertama yang akan dimulai pada besok.

Vaksinator mempersiapkan vaksin Covid-19 Astrazeneca sebelum diberikan kepada warga di Puskesmas Kota Sidoarjo, Jawa Timur.
Foto: Umarul Faruq/ANTARA FOTO
Vaksinator mempersiapkan vaksin Covid-19 Astrazeneca sebelum diberikan kepada warga di Puskesmas Kota Sidoarjo, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Sebanyak 50 ribu dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca tiba di Provinsi Sulawesi Utara. Kadis Kesehatan, Debie KR Kalali mengatakan vaksin ini akan digunakan pada penyuntikan dosis pertama yang akan dimulai pada hari Rabu besok (24/3) untuk petugas pelayanan publik.

Vaksin COVID-19 AstraZeneca ini disuntikkan dua dosis dengan jarak selama delapan pekan setelah penyuntikan dosis pertama."Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia telah menyatakan bahwa vaksin COVID-19 AstraZeneca aman untuk digunakan," katanya.

Baca Juga

Vaksin tersebut tak luput dari pemantauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan merekomendasikan penggunaannya meskipun mubah. Prosedur vaksinasinya, kata dia, sama seperti penggunaan vaksin jenis Sinovac menggunakan empat meja.

Pada meja pertama, kata dia, dilaksanakan pendaftaran dan verifikasi data, di meja dua dilaksanakan skrining kesehatan dan pemeriksaan fisik ringan. Peserta vaksinasi yang lolos pada proses skriningakan lanjut ke meja tiga untuk mendapat penyuntikan vaksin.

Pada langkah terakhir di meja empat dilaksanakan pencatatan dan setelah disuntik peserta vaksinasi akan diobservasi selama 30 menit. Vaksin AstraZaneca mulai digunakan dalam program vaksinasi nasional pada 22 Maret 2021 lalu, dan suntikan perdana dilakukan salah satunya kepada Ketua MUI Jawa Timur KH Hasan Mutawakkil.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement