Ramadhan Jadi Momentum Pemulihan Ekonomi Bandung

Red: Ani Nursalikah

Senin 22 Mar 2021 13:37 WIB

Ramadhan Jadi Momentum Pemulihan Ekonomi Bandung Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Ramadhan Jadi Momentum Pemulihan Ekonomi Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan Ramadhan yang jatuh pada April 2021 menjadi momentum pemulihan ekonomi Kota Bandung.

Menurut Elly, pada bulan Ramadhan dipastikan terjadi peningkatan aktivitas belanja umat Muslim. Ia pun kini tengah menyiapkan agar aktivitas perbelanjaan nantinya aman dari Covid-19.

Baca Juga

"Nanti saat Ramadhan bisa menjadi momentum pemulihan ekonomi di Kota Bandung. Alhamdulillah karena (pelaku usaha dan pedagang) termasuk pelayan bagi publik, jadi bisa mendapatkan vaksin," kata Elly, Senin (22/3).

Vaksinasi memang telah dilakukan kepada sejumlah pedagang di berbagai pasar tradisional. Selain pasar tradisional, vaksinasi juga telah dilakukan di sejumlah pusat perbelanjaan atau mal.

Dengan begitu, masyarakat atau pembeli yang berkunjung ke pasar atau mal memiliki rasa aman dari Covid-19 ketika berbelanja. Elly mengungkapkan momentum Ramadhan menjadi tahun pertama bagi mal atau pusat perbelanjaan beroperasi.

Karena di tahun sebelumnya, mal boleh buka setelah Hari Raya Idul Fitri. Saat itu, mal hanya diperbolehkan beroperasi untuk toko ritel penyedia bahan makanan dan obat-obatan.

"Oleh karena itu, kami mengharapkan APPBI (Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia) dan Aprindo (Asosiasi Penguasa Ritel Indonesia) meningkatkan protokol kesehatan 5M karena nanti, aktivitas masyarakat semakin meningkat," kata dia.

Elly meminta para pengelola tetap disiplin terhadap protokol kesehatan. "Ada petugas kami yang turun ke lapangan untuk mengawasi kapasitas, jam operasional, dan protokol kesehatan jangan sampai ada pelanggaran," kata Elly.